Contoh Makalah Cinta Tanah Air dan Bangsa

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Cinta Tanah Air dan Bangsa

Contoh Makalah Cinta Tanah Air dan Bangsa
Contoh Makalah Cinta Tanah Air dan Bangsa


Keterangan Contoh Makalah:



Contoh Makalah Cinta Tanah Air dan Bangsa. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word. Contoh makalah ini mungkin bisa bermanfaat bagi anda berhubungan dengan tugas pelajaran atau mata kuliah Pendidikan Pancasila, PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) dan lain-lain.

Judul Lengkap:

Contoh Makalah Mengembangkan Rasa Cinta Kepada Tanah Air dan Bangsa


Latar Belakang
Cinta tanah air dan bangsa adalah kebanggaan menjadi salah satu bagian dari tanah air dan bangsanya yang berujung ingin membuat sesuatu yang mengharumkan tanah air dan bangsa.Cinta tanah air dapat diartikan juga cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.

Semangat cinta tanah air dapat disebut juga sebagai patriotisme, sedangkan rasa cinta terhadap bangsa dapat disebut juga sebagai nasionalisme. Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa termasuk butir-butir pancasila yaitu pada sila ke tiga, persatuan Indonesia.   Sehingga sebagai warga Indonesia harus mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa sebagai pengamalan terhadap pancasila. Indonesia dilahirkan oleh generasi yang mempunyai idealisme cinta tanah air dan bangsa, jika tidak, mungkin Indonesia masih tetap dijajah oleh bangsa lain. Maka dari itu kita harus berterimakasih kepada pahlawan yang berjuang pada masa penjajahan.

Akhir-akhir ini sering dirasakan mulai lunturnya rasa cinta kepada tanah air dan bangsa terutama pada generasi muda yang  menjadi generasi penerus bangsa.Banyak terjadi berbagai kasus yang tidak mencerminkan jati diri bangsa. Di era globalisasi seperti sekarang  ini arus informasi dari luar dapat menimbulkan dampak negatif, rasa cinta  kepada  tanah  air  dan  bangsa semakin tidak  sekuat  dulu. Dengan semakin majunya teknologi seharusnya pandai menyaring budaya  yang  tidak sesuai dengan jati diri bangsa. Namun yang terjadi budaya-budaya negatif justru semakin berkembang.


Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
  1. Mengapa sekarang rasa cinta kepada tanah air dan bangsa semakin luntur?
  2. Bagaimana cara mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa? 

Tujuan
Sesuai dengan permasalahan di atas, tujuan yang dicapai dalam makalah ini adalah:
  1. Mengetahui penyebab lunturnya rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
  2. Meningkatkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.

Pendekatan Sosiologis
Dalam usaha mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa banyak hal yang dilakukan masyarakat. Kecintaan pada tanah air ditunjukkan dalam berbagai cara oleh masyarakat Indonesia. Ada yang berjuang mengharumkan nama bangsa di tingkat dunia dalam bidang olahraga, seni, dan ilmu pengetahuan, ada yang siap membela Indonesia dengan menjadi tentara, dan ada juga yang berusaha menjadi pribadi manusia Indonesia yang baik dalam kesehariannya.

Sejak usia dini mulai mengenal bangsanya sendiri dan mengenal secara geografi mengenali nama negara yang ditinggali, ibu kota, lagu kebangsaan, bendera negara, dan sebagainya. Setelah itu mulai mengenal karakteristik yang menjadi ciri bangsa, dengan didukung pelajaran kewarganegaraan. Melalui buku-buku pelajaran anak Indonesia secara langsung mengenali karakteristik yang menjadi ciri bangsa. Melalui upacara bendera masyarakat Indonesia mengembangkan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa. Karena dalam upacara terdapat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia terutama lagu wajib yaitu Indonesia Raya dan ada juga sesi menghormati bendera kebangsaan Indonesia yaitu bendera merah putih. Maka secara langsung masyarakat memiliki rasa kebanggaan terhadap bangsa Indonesia.

Untuk mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa masyarakat menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar terutama pada acara resmi. Bahasa juga sebagai alat kebanggaan terhadap bangsa sendiri. Mencintai dan menggunakan produk lokal juga salah satu cara masyarakat mengembangkan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa. Dengan menggunakan produk lokal itu artinya masyarakat memajukan negerinya sendiri, ekonomi masyarakat Indonesia semakin maju  dan masyarakat bangga terhadap karya negeri sendiri. Menggunakan produk lokal juga dapat memajukan pengusaha Indonesia sejajar dengan pengusaha asing. Mengkonsumsi  makanan  khas Indonesia  juga menjadi cara masyarakat mengembangkan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa. Apalagi survei dunia yang dilakukan beberapa waktu yang lalu, makanan di seluruh dunia yang paling nikmat adalah rendang. Jelas itu menambah bangga masyarakat Indonesia terhadap bangsa sendiri, karena Indonesia diakui oleh negara lain. Buah-buahan tropis juga digemari oleh pasar dunia terutama buah manggis, buah tropis khas Indonesia.

Cara lain untuk mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa yang dilakukan masyarakat adalah melestarikan budaya Indonesia dan mengenalkan budaya Indonesia ke seluruh dunia. Indoneseia negeri yang kaya akan budaya, setiap daerah memiliki budaya yang khas.

Dengan mewujudkan keteriban dan keamanan, serta menumbuhkan kerukunan antar masyarakat, baik kerukunan umat beragama dan suku adalah upaya yang dilakukan oleh masyarakat untuk megembangkan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa.  Masyarakat berupaya agar menjadi pribadi yang baik sesuai dengan nilai pancasila dan ciri bangsa Indonesia.

Kesimpulan
Cinta tanah air dan bangsa adalah kebanggaan menjadi salah satu bagian dari tanah air dan bangsanya yang berujung ingin membuat sesuatu yang mengharumkan tanah air dan bangsa. Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa merupakan butir pancasila dalam sila ke tiga, yaitu persatuan Indonesia. Munculnya berbagai gejolak sosial dan rasa frustasi yang ada pada masyarakat, faktor rendahnya kesejahteraan, kemiskinan, rendahnya pendidikan, kurangnya wawasan dan pengetahuan, adanya pendidikan eksklusif, dan kesenjangan sosial menyebabkan semakin hilangnya rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa, yaitu  bangga  berbangsa dan bernegara Indonesia, mencintai dan menggunakan produk dalam negeri, memperkuat sendi-sendi persatuan dan kesatuan bangsa, melestarikan budaya, mempelajari sejarah perjuangan para pahlawan pejuang kemerdekaan dan menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan, menghormati upacara bendera sebagai perwujudan rasa cinta tanah air dan bangsa Indonesia, menghormati simbol-simbol negara, membela dan rela berkorban demi bangsa dan tanah air, mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia, membantu mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia, tidak melakukan tindakan-tindakan yang mencoreng-coreng nama baik bangsa indonesia, dan menghemat energi.

Contoh Makalah Cinta Tanah Air dan Bangsa ini mudah-mudahan bisa menjawab pencarian anda dan menjadi tambahan referensi terkait denganContoh Makalah Cinta Tanah Air dan Bangsa seperti makalah cinta tanah air download, manfaat cinta tanah air, menghargai suku bangsa lain, contoh sikap cinta tanah air dan bangsa, artikel cinta tanah air, pengertian cinta tanah air wikipedia, tujuan cinta tanah air, sikap cinta tanah air dalam kehidupan sehari-hari dan lain-lain.

Preview Contoh Makalah:

Contoh Makalah Cinta Tanah Air dan Bangsa


Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word ]


Belum ada Komentar untuk "Contoh Makalah Cinta Tanah Air dan Bangsa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel