Contoh Makalah Laporan Keuangan Neraca

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Laporan Keuangan Neraca

Contoh Makalah Laporan Keuangan Neraca
Contoh Makalah Laporan Keuangan Neraca


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Laporan Keuangan Neraca. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word. Isi makalah membahas:

Rumusan Masalah
  1. Apa yang dimaksud dengan laporan keuangan neraca?
  2. Apa saja komponen-komponen laporan neraca?
  3. Bagaimana bentuk-bentuk laporan neraca?

Manfaat Penulisan
Penulisan makalah ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para pembaca umumnya masyarakat dan mahasiswa pada khususnya. Manfaat dari penulisan makalah ini adalah agar para pembaca dan rekan-rekan mahasiswa  dapat memahami tentang laporan keuangan neraca.

Pengertian Laporan Keuangan Neraca
Laporan Keuangan
Menurut Sofyan Syafri Harahap (2011:205), laporan keuangan merupakan output dan hasil akhir dari proses akuntansi. Laporan keuangan inilah yang menjadi bahan informasi bagi para pemakainya sebagai salah satu bahan dalam proses pengambilan keputusan. Di samping sebagai informasi, laporan keuangan juga sebagai pertanggungjawaban atau accountability.Sekaligus menggambarkan indikator kesuksesan suatu perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Laporan Neraca
Menurut Bambang Subroto (1991:29), neraca atau disebut juga laporan posisi keuangan atau laporan kondisi keuangan adalah salah satu dari laporan keuangan yang memberikan informasi tentang posisi dan keadaan keuangan perusahaan pada suatu saat tertentu. Posisi keuangan tersebut adalah keadaan aktiva, hutang, dan modal dari perusahaan.
Di dalam penyajiannya aktiva, hutang, dan modal tersebut harus diklasifikasikan sedemikian rupa sehingga aktiva akan dilaporkan sesuai dengan tingkat likwiditasnya. Semakin likwid aktiva akan dilaporkan lebih dahulu kemudian baru aktiva yang tingkat likwiditaslebih rendah. Kewajiban diklasifikasikan sesuai dengan urutan jatuh temponya, kewajiban yang harus dipenuhi lebih dahulu harus dilaporkan di atas, kemudian baru kewajiban yang pemenuhannya lebih kemudian. Modal harus disajikan sesuai dengan tingkat kekekalannya sehingga semakin kekal atau permanen akan dilaporkan lebih dahulu kemudian baru yang tingkat kekekalannya lebih rendah.(janggal q baca penjelasannya & kata yang bener tuh likuiditas atau likwiditas ?)
Menurut Mulyadi (2006:…), neraca (Balance Sheet) adalah laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai posisi keuangan perusahaan pada suatu saat atau tanggal tertentu. Komponen posisi keuangan suatu perusahaan terdiri atas harta (aktiva), utang (kewajiban), dan ekuitas (modal).
Menurut Sofyan Syafri Harahap (2011:209), neraca atau disebut juga posisi keuangan menggambarkan posisi keuangan perusahaan dalam suatu tanggal tertentu atau a moment of time, sering disebut per tanggal tertentu misalnya per tanggal 31 Desember 2005. Posisi yang digambarkan yaitu posisi harta, utangm dan modal.
Jadi dapat disimpulkan bahwa laporan neraca adalah laporan posisi keuangan (harta, utang, dan modal) perusahaan dalam suatu tanggal tertentu.

Contoh Makalah Laporan Keuangan Neraca ini mudah-mudahan bisa menjawab pencarian anda dan menjadi tambahan referensi terkait dengan Contoh Makalah Laporan Keuangan Neraca seperti makalah neraca akuntansi, teori akuntansi laporan keuangan neraca, makalah laporan posisi keuangan, makalah neraca dan catatan atas laporan keuangan, makalah laporan keuangan perusahaan, makalah laporan keuangan perusahaan jasa, makalah laporan keuangan perusahaan manufaktur, contoh laporan keuangan neraca dan lain-lain.

Preview Contoh Makalah:

Contoh Makalah Laporan Keuangan Neraca


Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word ]

Contoh Makalah Laporan Keuangan Neraca.docx



Demikian share file Contoh Makalah Laporan Keuangan Neraca, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Jika posting ini bermanfaat silahkan rekomendasikan ke teman anda atau share melalui sosial media melalui tombol di bawah ini.

0 Response to "Contoh Makalah Laporan Keuangan Neraca"

Post a Comment