Contoh Artikel Ilmiah Laporan Penelitian Studi Kasus Kimia

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Artikel Ilmiah Laporan Penelitian Studi Kasus Kimia

Contoh Artikel Ilmiah Laporan Penelitian Studi Kasus Kimia
Contoh Artikel Ilmiah Laporan Penelitian Studi Kasus Kimia


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Artikel Ilmiah Laporan Penelitian Studi Kasus Kimia. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word

Isi makalah membahas tentang:
Profil Kandungan Logam Berat Merkuri (Hg) dan Tembaga (Cu) dalam Daging Kupang Beras (Tellina versicolor). (Studi Kasus Pada Kupang Beras yang dipasarkan di Kraton, Pasuruan) 



Rumusan Masalah
  1. Berapakah kadar air yang terdapat dalam daging kupang beras?,
  2. Adakah  kandungan  logam  merkuri  dan  tembaga  dalam  daging  kupang beras?,
  3. Berapakah kadar logam berat merkuri dan tembaga yang terkandung dalam daging kupang beras?,
  4. Bagaimanakah fluktuasi kandungan logam berat merkuri dan tembaga dalam daging kupang beras, yang diamati selama periode tertentu?. 


Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut :
  1. Kadar air dalam daging kupang selama bulan April sampai  Juni 2002 relatif tetap.
  2. Dalam daging kupang terdapat kandungan logam tembaga (Cu) tanpa   adanya logam merkuri (Hg).
  3. Kadar logam berat tembaga (Cu) dalam daging kupang beras berdasarkan berat kering, tertinggi 0,953 ppm dan terendah 0,433 ppm. Nilai KV tertinggi 13,86 % dan terendah 6,30 %.
  4. Profil kandungan logam tembaga (Cu) dalam daging kupang menunjukkan grafik yang berfluktuatif.

Profil Kandungan logam berat Merkuri (Hg) dan Tembaga (Cu) dalam daging Kupang Beras (Tellina versicolor) (studi kasus pada kupang beras yang dipasarkan di Kraton, Pasuruan). Penentuan logam berat Hg dan Cu dalam daging kupang beras telah dilakukan dengan menggunakan Spektrofotometri Serapan Atom. Profil Kandungan logam Hg dan Cu menunjukkan   fluktuasi kandungan logam berat tersebut dalam periode tertentu, yaitu dari bulan April sampai bulan Juni 2002, yang diamati setiap dua minggu sekali. Dalam penentuan logam Hg, sampel daging kupang yang belum dikeringkan didestruksi dengan asam nitrat pekat yang dipanaskan dalam labu alas bulat dengan kondensor pendingin, di atas mantel pemanas, pada suhu 90o – 120o C. Kemudian diukur kandungan Hgnya dengan spektrofotometri Serapan  Atom tanpa nyala.Adapun untuk Cu, daging kupang dikeringkan terlebih dahulu dalam oven, kemudian didestruksi dengan asam nitrat pekat yang dipanaskan  diatas  penangas  air,  kemudian  ditentukan dengan spektrofotometer Serapan Atom dengan nyala  udara – asetilene. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa di dalam daging kupang beras tidak mengandung  logam berat Hg dan kandungan logam berat Cu adalah 0,711 mg/kg, 0,607 mg/kg, 0,7870 mg/kg, 0,433 mg/kg, 0,95 mg/kg, dan 0,641 mg/kg. Dari hasil tersebut diketahui bahwa kandungan logam berat Cu dalam daging kupang tersebut berfluktuatif.

Preview Contoh Makalah:



Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word ]





Jika posting ini bermanfaat silahkan rekomendasikan ke teman anda atau share melalui sosial media melalui tombol di bawah ini.

0 Response to "Contoh Artikel Ilmiah Laporan Penelitian Studi Kasus Kimia"

Post a Comment