Contoh Makalah SMK Otomotif Tentang Mesin

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah SMK Otomotif

Contoh Makalah SMK Otomotif Tentang Mesin
Contoh Makalah SMK Otomotif Tentang Mesin




Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah SMK Otomotif Tentang Mesin. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word. Mudah-mudahan Contoh Makalah SMK Otomotif Tentang Sistem Bahan Bakar, Contoh Makalah SMK Otomotif Tentang Sistem Pelumasan pada Mesin, Contoh Makalah SMK Otomotif Tentang Sistem Kelistrikan Sepeda Motor dan Contoh Makalah SMK Otomotif Teknologi Sepeda Motor Tentang Sistem Transmisi Sepeda Motor ini bisa menjawab pencarian anda di internet terkait dengan contoh makalah sepeda motor, kumpulan makalah teknik mesin, makalah teknik dasar otomotif, makalah dasar-dasar otomotif, contoh makalah otomotif tentang rem, makalah tentang engine, contoh makalah teknik sepeda motor, makalah sistem pengapian pada sepeda motor dan lain-lain.


Berikut ini kutipan teks dari isi salah satu Contoh Makalah SMK Otomotif yang bisa anda download.

Latar Belakang
Sistem bahan bakar dalam suatu mesin merupakan suatu sistem yang sangat dominan dalam menentukan unjuk kerja mesin .Suatu rangkaian mesin motor, akan memberikan daya yang optimal bila seluruh sistem yang bekerja pada motor tersebut berfungsi dengan baik begitu pula kerja pada sistem bahan bakar, kelancaran kerja pada sistem ini akan berpengaruh besar pada efisiensi dan daya kerja motor.Salah satu cara agar sistem bahan bakar bekerja dengan optimal yaitu dengan perawatan dan perbaikan sistem bahan bakar.

Suatu mesin terdiri atas berbagai sistem penunjang misalnya:Sistem bahan bakar sistem pendingin, sistem pelumasan, sistem pengapian dan kelistrikan.

Kerja sama dari seluruh sistem ini akan membuat mesin bekerja sesuai dengan yang dikehendaki, bahkan beberapa modifikasi yang dilakukan pada salah satu sistem saja dapat merubah kinerja suatu mesin, entah itu meningkat atau menurun.

Setiap sistem dalam mesin terbagi lagi atas beberapa sub – sistem dimana setiap sub – sistem terbagi atas banyak komponen yang bekerja mendukung sistem agar berfungsi dengan baik. Salah satu cara untuk menjaga komponen – komponen dalam suatu sistem tetap berfungsi dengan baik yaitu dengan memberikan perawatan yang intensif dan melakukan perbaikan secara berkala jika diperlukan. Begitu pula yang terjadi pada sistem bahan bakar sistem ini akan bekerja dengan baik jika kita memberikan perawatan yang intensif.

Sistem bahan bakar meru pakan catu daya utama dalam usaha penbangkitan daya motor, maka perawatan dan perbaikan mutlak diperlukan. Berikut aka dijelaskan penbahasan mengenai sistem bahan bakar dan cara perawatan yang sebaiknya dilakukan.

Identifikasi Masalah
Sistem bahan bakar akan bekerja optimal jika seluruh komponen bekerja dengan baik sesuai dengan yang dikehendaki. Secara garis besar kendala yang sering terjadi pada sistem bahan bakar adalah :
  1. Bahan bakar
  2. Komponen yang bekerja untuk menyalurkan bahan bakar
  3. Mekanisme mesin untuk menarik bahan bakar ke silinder
Pembatasan Masalah
Pembatasan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini yaitu mengenaikomponen dan system yang bekerja untuk menyalurkan bahan bakar dengan karburatortype arus turun. Dalam makalah ini akan dibahas prinsip kerja dankerusakanyangseringterjadi pada komponen sistem bahan bakar.

Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, identifikasi masalah dan pembatasan masalah maka rumusan masalah dalam makalah ini adalah komponen dan system apa saja yang bekerja untuk menyalurkan bahan bakar dengan karburator type arus turun serta bagaimana prinsip kerja dan kerusakan apa yang sering terjadi pada komponen system bahan bakar

Tujuan diberikannya perwatan dan perbaikan sistem bahan bakar, yaitu:
  1. Mencegah kerusakan mesin karena buruknya sistem bahan bakar
  2. Meningkatkan efisiensi daya kerja mesin

Manfaat
Manfaat yang bisa diperoleh jika sistem bahan bakar bekerja dengan baik :
  1. Memperpanjang umur mesin
  2. Mendapatkan efisiensi kerja sesuai dengan yang diharapkan
  3. Kenyamanan berkendara karena mesin bekerja dengan baik

Skema Sistem Bahan Bakar
Sistem bahan bakar terdiri dari beberapa komponen, dimulai dari tangki bahan bakar sampai pada charcoal canister.Bahan bakar dalam tangki akan disalurkan ke karburator oleh pompa bensin, melalui selang dan saringan bensin. Karburator menyalurkan ke mesin sejumlah bahan bakar yang dibutuhkan berupa campuran udara dan bahan bakar yang dikabutkan, dan masuk melalui manifold ke ruang silinder.

Sistem Bahan Bakar Bensin dan Komponennya
Sistem bahan bakar berfungsi untuk mencampurkan udara dan bahan bakar untuk selanjutnya campuran tersebut disalurkan ke ruang bakar dalam bentuk kabut. Cara pemasukan campuran udara dan bahan bakar tersebut ada dua macam. Ada yang dengan cara dihisap, cara ini disebut sistem bahan bakar konvensional. Cara kedua adalah dengan cara diinjeksikan, cara ini disebut sistem bahan bakar injeksi. Pada sistem bahan bakar injeksi ada yang menggunakan cara mekanik dan ada yang menggunakan cara elektronik atau yang biasa kita kenal sebagai EFI atau Electronic Fuel Injection.

Selengkapnya mengenai susunan dan isi dari Contoh-Contoh Makalah SMK Otomotif Tentang Mesin ini, silahkan lihat preview salah satu contoh makalah, dan download file contoh makalah lainnya pada link di bawah ini.

Preview Contoh Makalah:

Contoh Makalah SMK Otomotif Tentang Mesin


Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word ]


Demikian share file Contoh Makalah SMK Otomotif Tentang Sistem Bahan Bakar, Contoh Makalah SMK Otomotif Tentang Sistem Pelumasan pada Mesin, Contoh Makalah SMK Otomotif Tentang Sistem Kelistrikan Sepeda Motor dan Contoh Makalah SMK Otomotif Teknologi Sepeda Motor Tentang Sistem Transmisi Sepeda Motor, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Makalah SMK Otomotif Tentang Mesin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel