Contoh Makalah Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah)

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah)

Contoh Makalah Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah)
Contoh Makalah Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah)


Keterangan Contoh Makalah:


Contoh Makalah Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah). Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word. Contoh Makalah Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) ini mudah-mudahan bisa menjadi bahan contoh untuk penyusunan makalah lainnya terkait dengan tema Pilkada seperti pencarian mengenai makalah tentang pilkada, makalah tentang pilkada serentak, makalah tentang pilkada 2018, makalah pilkada pdf, makalah tentang pilkada DKI Jakarta 2017 2018, makalah tentang pilkada serentak 2018, makalah pilkada serentak di Indonesia, makalah pilkada serentak pdf dan lain-lain.

Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi salah satu contoh makalah mengenai Pilkada atau Pemilukada.

Latar Belakang Masalah
Sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, wilayah kesatuan Republik Indonesia dibagi atas daerah provinsi dan daerah provinsi dibagi lagi atas daerah kabupaten dan kota, yang masing-masing sebagai daerah otonomi. Sebagai daerah otonomi, daerah provinsi, kabupaten/kota memiliki pemerintahan daerah yang melaksanakan, fungsi-fungsi pemerintahan daerah, yakni Pemerintahan Daerah dan DPRD. Kepala Daerah adalah Kepala Pemerintahan Daerah baik didaerah provinsi, maupun kabupaten/kota yang merupakan lembaga eksekutif di daerah, sedangkan DPRD, merupakan lembaga legislatif di daerah baik di provinsi, maupun kabupaten/kota. Kedua-duanya dinyatakan sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan di daerah (Pasal 40 UU No. 32/2004) .

Sejalan dengan semangat desentralisasi, sejak tahun 2005 Pemilu Kepala Daerah dilaksanakan secara langsung (Pemilukada/Pilkada). Semangat dilaksanakannya pilkada adalah koreksi terhadap system demokrasi tidak langsung (perwakilan) di era sebelumnya, dimana kepala daerah dan wakil kepala daerah dipilih oleh DPRD, menjadi demokrasi yang berakar langsung pada pilihan rakyat (pemilih). Melalui pilkada, masyarakat sebagai pemilih berhak untuk memberikan suaranya secara langsung sesuai dengan kehendak hati nuraninya, tanpa perantara, dalam memilih kepala daerah.

Dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah diterapkan prinsip demokrasi. Sesuai dengan pasal 18 ayat 4 UUD 1945, kepala daerah dipilih secara demokratis. Dalam UU No. 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah, diatur mengenai pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang dipilih secara langsung oleh rakyat, yang diajukan oleh partai politik atau gabungan parpol. Sedangkan didalam perubahan UU No. 32 Tahun 2004, yakni UU No.12 Tahun 2008, Pasal 59 ayat 1b, calon kepala daerah dapat juga diajukan dari calon perseorangan yang didukung oleh sejumlah orang. Secara ideal tujuan dari dilakukannya pilkada adalah untuk mempercepat konsolidasi demokrasi di Republik ini. Selain itu juga untuk mempercepat terjadinya good governance karena rakyat bisa terlibat langsung dalam proses pembuatan kebijakan. Hal ini merupakan salah satu bukti dari telah berjalannya program desentralisasi. Daerah telah memiliki otonomi untuk mengatur dirinya sendiri , bahkan otonomi ini telah sampai pada taraf otonomi individu.

Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut :
  1. Apa saja kelebihan pelakasanaan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) secara langsung di Indonesia ?
  2. Apa saja kelemahan pelakasanaan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) secara langsung di Indonesia ?
  3. Bagaimana masa depan pelakasanaan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) secara langsung di Indonesia ?

Selengkapnya mengenai isi dan susunan Contoh Makalah Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) ini, silahkan lihat dan download file makalah pada link di bawah ini.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Makalah Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel