Contoh Makalah Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Kimia

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Kimia

Contoh Makalah Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Kimia
Contoh Makalah Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Kimia


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Kimia. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word dan PDF. Berikut ini kutipan teks dari isi Contoh Makalah Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Kimia.

Latar Belakang

Bila dipahami secara mendalam, proses belajar mengajar yang merupakan inti dari proses pendidikan formal di sekolah di dalamnya terjadi interaksi antara berbagai komponen pengajaran. Komponen-komponen tersebut dapat dikelompokkan dalam tiga kategori utama, yaitu guru, materi pelajaran, dan siswa. Interaksi antara ketiga komponen utama melibatkan sarana dan prasarana, seperti metode, media, dan penataan lingkungan tempat belajar, sehingga tercipta situasi belajar mengajar yang memungkinkan tercapainya tujuan yang telah direncanakan sebelumnya. Dengan demikian, guru yang memegang peranan sentral dalam proses belajar mengajar, harus memiliki strategi, agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien. Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu ialah harus menguasai teknik-teknik penyajian materi atau biasa disebut metode mengajar.

Metode mengajar adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh guru. Pengertian lain ialah sebagai teknik penyajian yang dikuasai guru untuk mengajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada siswa dalam kelas, baik secara individual atau secara kelompok, agar pelajaran itu dapat diserap, dipahami, dan dimanfaatkan oleh siswa dengan baik. Karena makin baik metode mengajar, maka makin efektif pula pencapaian tujuan.

Di dalam kenyataannya, cara atau metode mengajar yang digunakan guru untuk memotivasi siswa agar mampu menggunakan pengetahuannya untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi ataupun untuk menjawab suatu pertanyaan akan berbeda dengan metode yang digunakan untuk tujuan agar siswa mampu berpikir dan mengemukakan pendapatnya sendiri di dalam menghadapi segala persoalan, sehingga metode mempunyai andil yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar. Kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki siswa akan ditentukan oleh kerelevansian penggunaan suatu metode yang sesuai dengan tujuan. Itu berarti tujuan pembelajaran akan dapat dicapai dengan penggunaan metode yang tepat, sesuai dengan standar keberhasilan yang terpatri dalam suatu tujuan.

Dalam proses pembelajaran terdapat beberapa metode yang digunakan dalam mentransfer materi baik dari guru kesiswa, ataupun dari siswa itu sendiri, antara lain dengan metode ceramah, diskusi, tanya-jawab, penemuan terbimbing, metode permainan dan beberapa metode-metode lainnya. Namun metode yang sering digunakan oleh pendidik dalam kegiatan PBM adalah metode pembelajaran dengan diskusi dan permainan. Dimana metode diskusi itu sendiri dipandang efektif untuk menggali potensi siswa supaya dapat belajar dengan lebih aktif. Sedangkan metode permainan sendiri merupakan alternative lain agar siswa tidak jenuh dalam menerima pelajaran Maka tidak salah apabila metode diskusi dan permainan menjadi pilihan para guru untuk melatih dan mengembangkan kemampuan siswa-siswinya.

Pentingnya metode pembelajaran dalam proses pembelajaran,yaitu untuk menunjang keberhasilan dalam kegiatan Proses Belajar Mengajar. Oleh karena itu dalam makalah ini, kami akan paparkan beberapa ulasan mengenai metode pembelajaran diskusi dan permainan.

Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah:
  1. Apa pengertian dari Metode Diskusi?
  2. Bagaimana langkah penggunaan metode diskusi?
  3. Apa saja bentuk dari Metode Diskusi dan pelaksanaannya di dalam kelas?
  4. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari Metode Diskusi dalam pembelajaran kimia?
  5. Apa saja dampak langsung dan dampak pengiring dari Metode Diskusi dalam pembelajaran kimia?

Tujuan
Tujuan dari pembuatan makalah ini adalah:
  1. Mengetahui pengertian dari Metode Diskusi
  2. Mengetahui langkah penggunaan metode diskusi
  3. Mengetahui bentuk-bentuk dari Metode Diskusi dan pelaksanaannya di dalam kelas
  4. Mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Metode Diskusi dalam pembelajaran kimia
  5. Mengetahui dampak langsung dan dampak pengiring dari Metode Diskusi dalam pembelajaran kimia

Pengertian Metode Diskusi
Diskusi adalah proses penglihatan dua atau lebih individu yang berinteraksi secara verbal dan saling berhadapan muka mengenai tujuan atau sasaran yang sudah tertentu melalui cara tukar menukar informasi, mempertahankan pendapat atau pemecahan masalah. Diskusi juga dapat diartikan sebagai suatu pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah. Dalam metode ini guru memberi kesempatan kepada para siswa (kelompok-kelompok siswa) untuk mengadakan perbincangan ilmiah guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan, atau menyusun berbagai alternatife pemecahan atas suatu masalah yang bisa berupa pernyataan atau pertanyaan yang bersifat problematik. Sebagai metode penyuluhan berkelompok, diskusi biasanya membahas satu topik yang menjadi perhatian umum di mana masing-masing anggota kelompok mempunyai kesempatan yang sama untuk bertanya atau memberikan pendapat. Berdasarkan hal tersebut diskusi dapat dikatakan sebagai metode partisipatif.

Selain itu, metode diskusi juga merupakan suatu cara yang mempelajari materi pelajaran dengan memperdebatkan masalah yang timbul dan saling mengadu argumentasi secara rasional dan objektif. Cara ini menimbulkan perhatian dan perubahan tingkah laku anak dalam belajar. Metode diskusi juga di maksudkan untuk dapat merangsang siswa dalam belajar dan ber kir secara kritis dan mengeluarkan pendapatnya secara rasional dan objektif dalam pemecahan suatu masalah. Metode diskusi ini berbeda dengan metode tanya jawab, sebab dalam metode tanya jawab dapat diselesaikan dengan satu jawaban saja, sedangkan dalam diskusi diperlukan banyak jawaban yang sama-sama mencoba memperlihatkan kebenaran. 

Selengkapnya silahkan lihat file preview dan download Contoh Makalah Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Kimia pada link di bawah ini.

Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word dan PDF]

Contoh Makalah Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Kimia.docx 
Contoh Makalah Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Kimia.pdf

Demikian share file Contoh Makalah Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Kimia semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Makalah Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Kimia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel