Contoh Makalah Wawasan Nusantara

Contoh Makalah Wawasan Nusantara adalah makalah yang mungkin anda cari sebagai bahan contoh atau referensi dalam mengerjakan berbagai tugas makalah pelajaran yang berhubungan dengan Pengertian Wawasan NusantaraPendidikan Kewarganegaraan (PKn), Ketahanan Nasional atau Otonomi Daerah, tugas makalah mata kuliah yang berhubungan dengan Implementasi Wawasan Nusantara, Latar Belakang Wawasan Nusantara, atau tugas pembelajaran lainnya terutama di sekolah, perguruan tinggi atau pun sebagai media pembelajaran di tempat lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.

Makalah ini membahas tentang  Wawasan Nusantara, berkaitan dengan Wawasan Nusantara sebagai Wawasan Pembangunan Nasional dengan beberapa penjelasan mulai dari Kata Pengantar Makalah, Latar Belakang Penulisan Makalah, Tujuan Penulisan Makalah, dilanjutkan dengan Pembahasan Makalah mengenai PengenalanPengertian atau Definisi Wawasan Nusantara, Dasar Pemikiran Wawasan Nusantara, Unsur Dasar Wawasan Nusantara, Azas dari Wawasan Nusantara, Kedudukan dari Wawasan Nusantara, Implementasi Wawasan Nusantara bagi Bangsa Indonesia dan penjelasan lainnya tentang Wawasan Nusantara. Berikut ini adalah kutipan dari Contoh Makalah Wawasan Nusantara :
Secara Etimologi kata wawasan berasal dari kata wawas (bahasa Jawa) yang berarti pandangan, tinjauan atau penglihatan indrawi, ditambahkan akhiran (an) bermakna cara pandang, cara tinjau atau cara melihat. Dari kata wawas muncul kata mawas yang berarti; memandang, meninjau atau melihat. Wawasan artinya; pandangan, tinjauan, penglihatan, tanggap indrawi, atau cara pandang atau cara melihat. Selanjutnya kata Nusantara terdiri dari kata nusa dan antara. Kata nusa artinya pulau atau kesatuan kepulauan. Antara menunjukkan letak antara dua unsur. Nusantara artinya kesatuan kepulauan yang terletak antara dua benua yakni Asia dan Australia dan dua samudera yakni; samudera Hindia dan samudera Pasifik.

Menurut Kelompok kerja LEMHANAS 1999 Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan Iingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional. Sedangkan pengertian yang digunakan sebagai acuan pokok ajaran dasar Wawasan Nusantara sebagai geopolitik Indonesia adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dengan tetap menghargai dan menghormati kebhinekaan dalam setiap aspek kehidupan nasional untuk mencapai tujuan nasional.
Dengan demikian wawasan nusantara dapat diartikan sebagai cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya berdasarkan ide nasionalnya yang dilandasi Pancasila dan UUD 1945, yang merupakan aspirasi bangsa yang merdeka, berdaulat, bermartabat, serta menjiwai tata hidup dan tindak kebijaksanaan dalam mencapai tujuan nasional. Maka dari itu, landasan wawasan nusantara ialah Idiil Pancasila Konstitusional UUD 1945.

Contoh Makalah Wawasan Nusantara ini bisa didownload dalam format document atau .docx yaitu format file yang bisa diedit dengan menggunakan aplikasi pengolah kata atau software word processor yang biasa digunakan di komputer atau laptop anda untuk mengetik yaitu seperti Microsoft Office, Open Office, atau pun software word processor lain misalnya untuk Android seperti Polaris Office, Microsoft Office Mobile, Kingsoft Office dan lain-lain.

Untuk lebih jelasnya, ini adalah tampilan preview Contoh Makalah Wawasan Nusantara masih dalam format .pdf, sebenarnya makalah bisa langsung dicopy tapi akan cukup merepotkan jika diedit kembali dengan Microsoft Word. Tapi jangan khawatir karena anda kami sarankan mendownload format file .docx dari Contoh Makalah Wawasan Nusantara ini dengan cara klik tombol download di bawah tampilan preview contoh makalah, yang akan mengantarkan anda ke halaman download kumpulan arsip kami. Silahkan lihat preview dari Contoh Makalah Wawasan Nusantara, yang sengaja kami tampilkan secara keseluruhan supaya anda dapat memeriksa terlebih dahulu sebelum melakukan download, apakah contoh makalahnya sesuai dengan yang anda butuhkan.

Contoh Makalah Wawasan Nusantara
Download Contoh Makalah
Mudah-mudahan file Contoh Makalah Wawasan Nusantara ini adalah makalah yang anda cari dan bisa didownload untuk selanjutnya anda edit kembali sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan cara-cara membuat makalah yang baik dan benar. Jika menurut anda tulisan ini bermanfaat, silahkan untuk membagikannya kepada orang lain dengan klik like dan share di bawah posting. Saran, masukan dan komentar anda akan sangat berharga bagi kami. 




Jika posting ini bermanfaat silahkan rekomendasikan ke teman anda atau share melalui sosial media melalui tombol di bawah ini.

0 Response to "Contoh Makalah Wawasan Nusantara"

Post a Comment

Tips:

Langkah-Langkah Membuat Makalah Lengkap dengan Contoh

Langkah-Langkah Membuat Makalah Lengkap dengan Contoh . Pada posting ini ada beberapa hal yang akan memandu anda secara mudah dalam membua...

Label / Kategori

Administrasi Negara Agama Islam Agribisnis Akuntansi Antropologi Aqiqah Artikel Ilmiah Askep Atletik Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bahaya Merokok Biokimia Biologi Bisnis Bola Voli Budaya Budidaya Bulu Tangkis Cerpen Contoh Makalah CorelDraw X5 Daftar Isi Makalah Daftar Pustaka Demokrasi Desain Diskusi Download E-Banking E-Commerce E-KTP E-learning Ekonomi Energi Etika Kristen Etika Profesi Farmasi Filsafat Fisika Format Geografi Geologi Geomorfologi Global Warming Guru HAM Hukum Internet IPA IPS Karakter bangsa Karya Ilmiah Karya Tulis Ilmiah Kata Pengantar Makalah Kelautan Keperawatan Kerajinan Tangan Kerangka Makalah Kesehatan Kesimpulan dan Saran Keuangan Kewarganegaraan Kewirausahaan Kimia Komputer Koperasi Korupsi Kristen Kurikulum 2006 KTSP Laporan Lingkungan Hidup Magang Mahasiswa Manajemen Maritim Matematika Microsoft Word Mikologi Napza Narkoba Nasionalisme Negara Negara dan Konstitusi Neraca Analitik Nikah Siri Observasi Observasi Pasar Olahraga Orde Baru Organisasi Otonomi Daerah Pajak Pancasila Pariwisata PDF Pendahuluan Makalah Pendidikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Penelitian Pengantar Bisnis Pengantar Manajemen Penjaskes Penutup Makalah Perikanan Perkebunan Pertanian Peternakan Pidana PKL PKn Politik Pra Aksara Prakarya Prakerin Praktek Kerja Industri Proposal Psikotropika PTK Qada dan Qadar Qanaah dan Tasamuh Qardh QCC (Quality Control Circle) Qira'ah Al-Qur'an Qiyas Queue Qurban Ragam Bahasa Rekam Medis Rekayasa Perangkat Lunak Renang Resensi Resep MPASI Revolusi Hijau Riset Pemasaran RPP Rukun Iman Rumusan Masalah Sains Sampah Sastra Sejarah Seni Budaya Seni Grafis Seni Lukis Seni Tari Sepak Bola Silabus Sinar X Sistem Informasi Sistem Pemerintahan Sistematika SMK Sosial Sosiologi Statistik Industri Statistika Struktur Data Studi Kasus Studi Kelayakan Sumber Daya Alam Sumber Daya Manusia Susunan Makalah Tari Tradisional Tauhid Teknik Informatika Teknik Mesin Teknik Pengelolaan Pangan Teknologi TIK Tips Trigonometri Uang UKM Ulumul Qur’an Unsur Transisi Periode 4 Usaha Usaha Kecil Menengah Usaha Laundry Ushul Fiqh Variabel Penelitian Vektor Virus Virus Ebola Virus Zika Visual Basic Vitamin dan Mineral Wakaf Wawancara Wawasan Kebangsaan Wawasan Nusantara Web Programming Windows XP Wirausaha Makanan Wirausaha Sukses XAMPP Xenobiotik Xerostomia XML Zakat Zaman Logam Zaman Megalitikum Zaman Neolitikum Zat Adiktif Zina Zoologi Invertebrata