Cara Membuat Makalah untuk Tugas Sekolah Bagi Pelajar

Pada kesempatan kali ini ada sedikit pembahasan mengenai topik Cara Membuat Makalah untuk Tugas Sekolah Bagi Pelajar. Sebenarnya penyusunan makalah memang tidak selalu berhubungan dengan pelajar atau sekolah, untuk mahasiswa dan kalangan umum pun makalah sering dijadikan sebagai bahan referensi atau sumber keilmuan alternatif selain buku-buku dan sumber informasi lainnya. Informasi yang diperoleh dari sebuah makalah biasanya lebih spesifik karena berupa laporan dari penelitian yang dilakukan oleh penyusun makalah sebagai peneliti atas permasalahan yang ada.

Cara Membuat Makalah untuk Tugas Sekolah Bagi Pelajar
Cara Membuat Makalah untuk Tugas Sekolah Bagi Pelajar


Khusus untuk pelajar atau siswa-siswi di sekolah biasanya sering mendapatkan tugas dari guru kelas yaitu menyusun makalah yang berhubungan dengan mata pelajaran yang sedang ditempuh untuk mendapatkan nilai akhir raport. Tugas dari guru ini biasanya dikumpulkan dalam format cetak print atau hard copy. Seiring dengan kemajuan teknologi dalam pendidikan, para guru pun sudah banyak menggunakan atau menerapkan sistem penugasan semacam ini pada e-learning yang dilakukan melalui jaringan internet dengan berbagai aplikasi berbasis internet seperti web e-learning sekolah, via email antara siswa dan guru atau bahkan ada beberapa guru yang sudah menggunakan sosial media sebagai fasilitas untuk memberikan tugas kepada siswanya.

Nah, bagi para pelajar yang sedang dalam kegiatan belajar di sekolah dan sering mendapatkan tugas penyusunan makalah, tentu saja hendaknya bersungguh-sungguh dalam mengerjakan atau membuat makalah secara mandiri. Karena sebenarnya menyusun makalah mudah saja jika sudah memahami sistematika penyusunan makalah yang baik dan benar. Sebenarnya tentang susunan makalah yang baik ini bisa ditanyakan juga kepada guru-guru di sekolah. Selain itu kita juga bisa mempelajarinya langsung dengan memperhatikan beberapa contoh makalah yang sudah jadi. Di dalam makalah tersebut biasanya ada beberapa bagian penting diantaranya Bab I Pendahuluan, Bab II Pembahasan, Bab III Penutup. Ditambah dengan kelengkapan-kelengkapan halaman pendukung makalah seperti Jilid atau Cover, Daftar Isi, Kata Pengantar, Daftar Pustaka dan Lampiram-lampiran.


Untuk melengkapi artikel ini, silahkan anda pilih dan download beberapa contoh makalah di bawah ini yang bisa dijadikan contoh atau referensi penyusunan makalah:

Demikianlah pembahasan tentang Cara Membuat Makalah untuk Tugas Sekolah Bagi Pelajar. Semoga bisa membantu dan bermanfaat. Salam.



Jika posting ini bermanfaat silahkan rekomendasikan ke teman anda atau share melalui sosial media melalui tombol di bawah ini.

1 Response to "Cara Membuat Makalah untuk Tugas Sekolah Bagi Pelajar"