Contoh Makalah Bahasa Indonesia Menulis Karya Ilmiah

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Bahasa Indonesia Menulis Karya Ilmiah

Contoh Makalah Bahasa Indonesia Menulis Karya Ilmiah
Contoh Makalah Bahasa Indonesia Menulis Karya Ilmiah


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Bahasa Indonesia Menulis Karya Ilmiah. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word. Berikut ini kutipan teks dari isi Contoh Makalah Bahasa Indonesia Menulis Karya Ilmiah.


Latar Belakang
Aktivitas kepenulisan tak bisa dilepaskan dari rangkaian aktivitas pembelajaran. Bagi para penuntut ilmu, menulis adalah salah satu cara mengakselerasi peningkatan pemahaman karena menulis berarti menuangkan kembali semua ilmu dan pengetahuan tentang suatu tema yang pernah ditampung dalam pikiran.

Ada sebuah analogi antara menuntut dan menulis dengan sistem pencernaan. Saat menerima ilmu pengetahuan, otak menerima input ‘makanan’. Ilmu dan pengetahuan yang merupakan ‘makanan’ tersebut akan diolah dan dicerna oleh ‘alat pencernaan’, yaitu di dalam otak manusia. Dari hasil proses ‘pencernaan’ akan diperoleh kesimpulan baru, wawasan baru, atau sistematika pengetahuan baru yang kemudian disimpan rapi dalam memori. Pengetahuan dan ilmu tersebut disimpan dalam ingatan dan siap di-recall jika sewaktu-waktu diperlukan. Namun, jangan sampai pengetahuan yang tersimpan dalam memori ini dibiarkan begitu saja tanpa sering digunakan. Jika demikian, suatu saat memori tersebut akan mengalami degradasi sehingga data-data pengetahuan yang dimiliki akan lenyap sedikit demi sedikit. Menulis merupakan salah satu cara untuk memperkuat penyimpanan di memori ingatan. Dengan menulis, simpanan pengetahuan itu dikeluarkan lagi dan dirangkai atau dikombinasikan menghasilkan pemahaman baru yang lebih mendalam.

Bagaimana dengan kalangan akademisi yang kesehariannya berkecimpung dengan ilmu pengetahuan melalui kegiatan-kegiatan akademik dan ilmiah mereka? Semestinya itu semua disempurnakan dengan produk-produk tulisan sebagai output dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan sehingga dapat melipatgandakan manfaat ilmu yang diperoleh. Dalam hal ini, tulisan ilmiahlah salah satu produknya.

Penulisan karya ilmiah memerlukan persyaratan formal dan materiil. Persyaratan formal menyangkut kebiasaan yang harus diikut dalam penulisan, sedangkan persyaratan materiil menyangkut isi tulisan. Sebuah tulisan akan mudah dipahami dan menarik apabila isi dan cara penulisannya memenuhi persyaratan.

Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam makalah ini antara lain :
a. Apakah karya tulis ilmiah itu?
b. Apa saja jenis-jenis karya ilmiah serta prinsip-prinsip karya ilmiah tersebut?
c. Bagaimana sistematika struktur karya ilmiah?
d. Bagaimana langkah-langkah penulisan karya ilmiah?

Tujuan dan Manfaat
Tujuan penulisan makalah ini yaitu:
a. Mengetahui apa itu karya tulis ilmiah.
b. Mengetahui jenis-jenis karya ilmiah.
c. Memahami sistematika struktur karya ilmiah.
d. Memahami langkah-langkah penulisan karya ilmiah.

Manfaat penulisan makalah ini antara lain :
a. Memberikan pemahaman mengenai karya ilmiah.
b. Dapat dijadikan referensi pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia, khususnya materi “Menulis Karya Ilmiah”

Pengertian Karya Ilmiah
Menurut Zaenal Arifin (2008:8) karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis berdasarkan metodologi penulisan yang baik dan benar. Sementara menurut Wahyu Wibowo (2001:34)“Karya Ilmiah adalah karya tulis atau bentuk lainnya yang telah diakui dalam bidang pengetahuan, teknologi, atau seni yang ditulis atau dikerjakan sesuai dengan tata cara ilmiah, dan telah mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan”.

Karya ilmiah (scientific paper) juga merupakan laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan (referensi) bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya. Dengan demikian, karya ilmiah merupakan tulisan yang sangat perlu dengan beberapa alasan mendasar, antara lain:
  • Aktualisasi diri dalam proses pembelajaran; Aktivitas belajar bukan hanya terpaku dengan mengumpulkan ilmu pengetahuan dan wawasan semata. Namun, hal yang penting dalam pembelajaran adalah praktek dan implementasi ilmu yang telah diperoleh agar mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada danmenyelesaikan persoalan-persoalan yang muncul. Untuk itu, dibutuhkanlah pengamatan dan analisisagar semua pertanyaan atau permasalahan yang timbul dapat diselesaikan.Dari proses pembelajaran akan dilahirkan banyak ide, solusi, serta alternatif penyelesaian terhadap berbagai persoalan yang ada. Dalam hal ini, menulis karya ilmiah merupakan sarana untuk melatih diri dalam mengungkapkan pikiran-pikiran secara tertib, sistematis dan dapat dipertanggung jawabkan.
  • Publikasi hasil penelitian / kegiatan ilmiah; Hasil penelitian yang dipublikasikan akan dapat menjadi referensi bagi kalangan akademisi atau ilmuwan lain dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang terus-menerus. Dengan demikian, penulisan karya tulis ilmiah dapat memberikan sumbangan pada perkembangan ilmu pengetahuan.
  • Pendidikan masyarakat; Ilmu yang senantiasa berkembang dengan temuan-temuan baru akan menjadi sia-sia jika tidak tersebar luas, hanya menjadi milik kalangan ilmuwan secara eksklusif. Padahal tujuan pengembangan ilmu pengetahuan adalah digunakan untuk kesejahteraan umat manusia. Oleh karena itu, hasil-hasil kegiatan akademis dan keilmuan hendaknya disampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat sehingga seiring berjalannya waktu masyarakat bisa mengikuti perkembangan ilmu dan dapat menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan.

Sebagai suatu tulisan yang sistematis, karya ilmiah memiliki beberapa karakteristik, yaitu:
a. Mengacu kepada teori
Artinya karya ilmiah wajib memiliki teori yang dijadikan sebagailandasan berpikir / kerangka pemikiran / acuan dalam pembahasanmasalah.Fungsi teori antara lain:
  • Tolak ukur pembahasan dan penjawaban persoalan
  • Dijadikan data sekunder / data penunjang ( data utama ; fakta )
  • Digunakan untuk menjelaskan, mengekspos dan mendeskripsikan suatu gejala
  • Digunakan untuk mendukung dan memperkuat pendapat penulis.
b. Berdasarkan fakta
Artinya setiap informasi dalam kerangka ilmiah selalu apa adanya,sebenarnya dan konkret.

c. Logis
Artinya setiap keterangan dalam kerangka ilmiah selalu dapatditelusuri, diselidiki dan diusut alasan-alasannya, rasional dan dapatditerima akal.

d. Objektif
Artinya dalam kerangka ilmiah semua keterangan yang diungkapkantidak pernah subjektif, senantiasa faktual dan apa adanya, serta tidakdiintervensi oleh kepentingan baik pribadi maupun golongan.

e. Sistematis
Baik penulisan / penyajian maupun pembahasan dalam karanganilmiah disajikan secara rutin, teratur, kronologis, sesuai denganprosedur dan sistem yang berlaku, terurut, dan tertib.

f. Sahih / Valid
Artinya baik bentuk maupun isi karangan ilmiah sudah sah dan benarmenurut aturan ilmiah yang berlaku.

g. Jelas
Artinya setiap informasi dalam karangan ilmiah diungkapkansejernih-jernihnya, gamblang, dan sejelas-jelasnya sehingga tidakmenimbulkan pertanyaan dan keraguan-raguan dalam benakpembaca.

h. Seksama
Baik penyajian maupun pembahasan dalam karangan ilmiahdilakukan secara cermat, teliti, dan penuh kehati-hatian agar tidakmengandung kesalahan betapa pun kecilnya.

i. Tuntas
Pembahasan dalam karangan ilmiah harus sampai ke akar-akarnya.Jadi, supaya karangan tuntas, pokok masalah harus dibatasi tidakboleh terlalu luas.

j. Bahasanya Baku
Bahasa dalam kerangka ilmiah harus baku artinya harus sesuaidengan bahasa yamg dijadikan tolak ukur / standar bagi betultidaknya penggunaan bahasa.

Selengkapnya mengenai isi dan susunan Contoh Makalah Bahasa Indonesia Menulis Karya Ilmiah ini, silahkan lihat pada file preview dan download berkas makalah pada link di bawah ini.

Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word ]

Contoh Makalah Bahasa Indonesia Menulis Karya Ilmiah.docx




Demikian share file Contoh Makalah Bahasa Indonesia Menulis Karya Ilmiah, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Makalah Bahasa Indonesia Menulis Karya Ilmiah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel