Contoh Makalah Penilaian Kinerja Guru

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Penilaian Kinerja Guru

Contoh Makalah Penilaian Kinerja Guru
Contoh Makalah Penilaian Kinerja Guru


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Penilaian Kinerja Guru. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word. Mudah-mudahan contoh makalah ini bisa menjawab pencarian anda terkait dengan makalah penilaian kinerja guru pdf, makalah penilaian kinerja guru doc, pengertian penilaian kinerja guru, makalah kinerja guru, jurnal penilaian kinerja guru, makalah kinerja guru pdf, persyaratan prinsip-prinsip dan aspek penilaian kinerja guru, makalah pkg dan lain-lain.

Berikut ini kutipan teks dari isi berkas Contoh Makalah Penilaian Kinerja Guru.

Latar Belakang Masalah
Sampai saat ini profesi guru masih sangat diminati oleh masyarakat, apalagi setelah adanya kebijakan pemerintah tentang sertifikasi yang memberikan tunjangan jabatansebesar satu kali gaji pokok dan tunjangan-tunjangan lain yang cukup menjanjikan, disisi lain pemerintah juga menuntut guru untuk profesional dalam bekerja. Menurut Mulyasa (2013), sebaiknya peningkatan mutu pendidikan ditunjang oleh guru profesional yang bermutu, yang dapat memerankan tugas dan fungsinya dengan baik dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas melalui proses pembelajaran yang berkualitas pula. 

Pengukuran kinerja suatu lembaga pendidikan merupakan hal yangsangat penting. Untuk melakukan evaluasi dan merencanakan pendidikan masa depan diperlukan pengukuran kinerja secara tepat, khususnya terhadap kinerjaguru sebagai pelaksana bahkan ujung tombak pendidikan. Dalam hal ini, berbagai informasi diperlukan untuk menjamin bahwa layanan pendidikan danpembelajaran telah dilakukan secara efektif, efisien, dan akuntabel. Dengan demikian, peningkatan mutu pendidikan harus selalu diukur kinerjanya melalui berbagai informasi, pengendalian tugas, laporan pendanaan, dan yang palingpenting adalah laporan kinerja guru karena guru memiliki peran yang sangat strategis dalam menentukan mutu pendidikan, yang memerlukan syarat-syarat kepribadian dan kemampuan profesional yang standar dan dapatdipertanggung jawabkan. Dengan kata lain, penilaian kinerja merupakan tanggung jawab(akuntabilitas) dari institusi dan individu pekerja terhadap stakholders-nya.Pekerja (dalam hal ini guru) tidak hanya mempunyai tanggung jawab langsung kepada atasannya akan tetapi juga kepada orang tuasiswa dan masyarakat pada umumnya. Kinerja mereka, baik maupun buruk, harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat. Apalagi bila diingat yang memperkerjakan guru, mereka berkewajiban mengadakan sistem penilaian kinerja yang obyektif dan dapat dipertanggung jawabkan kepada masyarakat. Penilaian kinerja baik kinerja guru, kepala sekolah, dan staf (tenagaadministrasi sekolah) merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasaipengawas sekolah/madrasah. Kompetensi tersebut termasuk dalam dimensi kompetensi evaluasi pendidikan. Kinerja kepala sekolah dapat diukur dari tigaaspek yaitu: (a)perilaku dalam melaksanakan tugas yakni perilaku kepalasekolah pada saat melaksanakan fungsi-fungsi manajerial, (b) cara melaksanakan tugas dalam mencapai hasil kerja yang tercermin dalam komitmen dirinya sebagai refleksi dari kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial yangdimilikinya, dan (c) dari hasil pekerjaannya yang tercermin dalam perubahan kinerja sekolah yang dipimpinnya.Makalah berikut membahas beberapa hal inti yang berkaitan dengan penilaian kinerja untuk profesi guru dan kepala sekolah.

Rumusan Masalah
Ada pun rumusan masalah yang telah dirumuskan dalam makalah ini adalah sebagai berikut :
  1. Apa pengertian penilaian kinerja guru?
  2. Apa tujuan dan manfaat penilaian kinerja guru?
  3. Apa saja persyaratan penilaian kinerja guru?
  4. Apa saja aspek penilaian dalam penilaian kinerja guru?
  5. Apa prinsip-prinsip penilaian kinerja guru?
  6. Bagaimana prosedur penilaian kinerja guru?
  7. Bagaimana Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Guru?

Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah yang telah dirumuskan, maka tujuan dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
  1. Untuk mengetahui pengertian penilaian kinerja guru dan kepala sekolah.
  2. Untuk mengetahui tujuan dan manfaat penilaian kinerja guru.
  3. Untuk mengetahui persyaratan penilaian kinerja guru.
  4. Untuk mengetahui aspek penilaian dalam penilaian kinerja guru.
  5. Untuk mengetahui prinsip-prinsip penilaian kinerja guru.
  6. Untuk mengetahui prosedur penilaian kinerja guru.
  7. UntukmengetahuiSasaranKinerjaPegawai (SKP) Guru

Selengkapnya mengenai isi dan susunan Contoh Makalah Penilaian Kinerja Guru ini silahkan lihat file preview di bawah ini.

Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word ]

Makalah Penilaian Kinerja Guru.docx



Demikian share file Contoh Makalah Perkembangan Peradaban Seni dan Budaya di Indonesia, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Makalah Penilaian Kinerja Guru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel