Contoh Makalah Osteoarthritis

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Osteoarthritis

Contoh Makalah Osteoarthritis
Contoh Makalah Osteoarthritis


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Osteoarthritis. Tugas Mata Kuliah Sistem Muskuloskeletal Asuhan Keperawatan Pada Masalah Sistem Muskuloskeletal Penyakit Osteoatritis Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word.

Mudah-mudahan contoh makalah ini bisa menjawab pencarian anda terkait dengan makalah osteoarthritis pdf, kumpulan makalah osteoarthritis, makalah osteoarthritis fisioterapi, makalah osteoartritis lengkap, latar belakang osteoarthritis, kata pengantar makalah osteoarthritis, makalah osteoarthritis genu, askep osteoartritis lengkap dan lain-lain.

Berikut ini kutipan teks dari isi Contoh Makalah Tentang Penyakit Osteoarthritis:

Latar Belakang
Penyakit Sendi Degeneratif (osteoarthritis) adalah penyakit kerusakan tulang rawan sendi yang berkembang lambat dan penyebabnya belum diketahui (Kalim, IPD,1997). Atau gangguan pada sendi yang bergerak (Price& Wilson,1995). Osteoarthritis yang juga dikenal sebagai penyakit sendi degeneratif atau osteoarthritis (sekalipun terdapat inflamasi) merupakan kelainan sendi yang paling sering ditemukan dan kerapkali menimbulkan ketidakmampuan (disabilitas).Osteoartritis adalah bentuk atritis yang paling umum, dengan jumlah pasiennya sedikit melampui separuh jumlah pasien arthritis. Osteoartritis adalah penyakit peradangan sendi yang sering muncul pada usia lanjut. Jarang dijumpai pada usia dibawah 40 tahun dan lebih sering dijumpai pada usia diatas 60 tahun. Osteoartritis juga dikenal dengan nama osteoartrosis, yaitu melemahnya tulang rawan pada engsel yang dapat terjadi di engsel manapun di sekujur tubuh. Tapi umumnya, penyakit ini terjadi pada siku tangan, lutut, pinggang dan pinggul.

Osteoartritis terjadi karena tulang rawan yang menjadi ujung dari tulang yang bersambung dengan tulang lain menurun fungsinya. Permukaan halus tulang rawan ini menjadi kasar dan menyebabkan iritasi. Jika tulang rawan ini sudah kasar seluruhnya, akhirnya tulang akan bertemu tulang yang menyebabkan pangkal tulang menjadi rusak dan gerakan pada sambungan akan menyebabkan nyeri dan ngilu.

Rumusan Masalah
  1. Bagaimana konsep medis dari Osteoartritis?
  2. Bagaimana konsep Asuhan keperawatan dari Osteoartritis?

Tujuan Penulisan
1. Tujuan umum
a. Memberi penjelasan tentang Osteoartritis

2. Tujuan khusus
a. Menjelaskan konsep medis Osteoartritis
b. Menjelaskan konsep Asuhan keperawatan Osteoartritis

Manfaat Penulisan
Untuk menambah wawasan dan pengetahuan pembaca mengenai Osteoartritis

KONSEP MEDIS
1. Defenisi
Osteoartritis juga dikenal segabai penyakit degeneratif sendi adalah gangguan sendi yang paling sering terjadi dan paling sering menyebabkan ketidakmampuan.Osteoatritis dicirikan dengan kehilangan kartilago sendi secara progresif. Penyakit ini bersifat kronik, berjalan progresif lambat, dan abrasi rawan sendi dan adanya gangguan pembentukan tulang baru pada permukaan persendian.( Price A, Sylvia, 2005)

2. Etiologi
Osteoartritis terjadi karena tulang rawan yang menjadi ujung dari tulang yang bersambung dengan tulang lain menurun fungsinya. Permukaan halus tulang rawan ini menjadi kasar dan menyebabkan iritasi. Jika tulang rawan ini sudah kasar seluruhnya, akhirnya tulang akan bertemu tulang yang menyebabkan pangkal tulang menjadi rusak dan gerakan pada sambungan akan menyebabkan nyeri dan ngilu.

Beberapa faktor resiko timbulnya osteoartritis antara lain adalah :
a. Umur.
Dari semua faktor resiko untuk timbulnya osteoarthritis faktor ketuaan adalah yang terkuat (Soeroso, 2007).Prevalensi dan beratnya orteoartritis semakin meningkat dengan bertambahnya umur Osteoartritis hampir tak pernah pada anak-anak, jarang pada umur dibawah 40 tahun dan sering pada umur diatas 60 tahun.

b. Jenis Kelamin.
Wanita lebih sering terkena osteoartritis lutut dan sendi , dan lelaki lebih sering terkena osteoartritis paha, pergelangan tangan dan leher. Secara keseluruhan dibawah 45 tahun frekuensi osteoartritis kurang lebih sama pada laki dan wanita tetapi diatas 50 tahun frekuensi oeteoartritis lebih banyak pada wanita dari pada pria hal ini menunjukkan adanya peran hormonal pada patogenesis osteoartritis. ( Soeroso, 2006 )

c. Riwayat trauma sebelumnya
Trauma pada suatu sendi yang terjadi sebelumnya, biasa mengakibatkan malformasi sendi yang akan meningkatkan resiko terjadinya osteoartritis. trauma berpengaruh terhadap kartilago artikuler, ligamen ataupun menikus yang menyebabkan biomekanika sendi menjadi abnormal dan memicu terjadinya degenerasi premature. (Shiddiqui, 2008) .

d. Pekerjaan
Osteoartritis lebih sering terjadi pada mereka yang pekerjaannnya sering memberikan tekananan pada sendi-sendi tertentu.Jenis pekerjaan juga mempengaruhi sendi mana yang cenderung terkena osteoartritis.sebagai contoh, pada tukang jahit, osteoartritis lebih sering terjadi di daerah lutut, sedangkan pada buruh bangunan sering terjadi pada daerah pinggang. (Dewi SK. 2009)

e. Kegemukan
Berat badan yang berlebihan nyata berkaitan dengan meningkatnya resiko untuk timbulnya osteoartritis baik pada wanita maupun pada pria. Kegemukan ternyata tak hanya berkaitan dengan osteoartritis pada sendi yang menanggung beban, tapi juga dengan osteoartritis sendi lain (tangan atau sternoklavikula). Pada kondisi ini terjadi peningkatan beban mekanis pada tulang dan sendi (Soeroso, 2007).

f. Faktor Gaya hidup
Banyak penelitian telah membuktikan bahwa faktor gaya hidup mampu mengakibatkan seseorang mengalami osteoartritis. contohnya adalah kebiasaan buruk merokok. Merokok dapat meningkatkan kandungan karbon monoksida dalam darah, menyebabkan jaringan kekurangan oksigen dan dapat menghambat pembentukan tulang rawan (Eka Pratiwi,2007).

g. Genetic
Faktor herediter juga berperan pada timbulnya osteoartritis missal, pada ibu dari seorang wanita dengan osteoartritis pada sendi-sendi inter falang distal terdapat dua kali lebih sering osteoartritis pada sendi-sendi tersebut, dan anak-anaknya perempuan cenderung mempunyai tiga kali lebih sering dari pada ibu dan anak perempuan dari wanita tanpa osteoarthritis. (Soeroso, 2007)

3. Patofisiologi
Penyakit sendi degeneratif merupakan suatu penyakit kronik, tidak meradang dan progresif lambat, yang seakan-akan merupakan proses penuaan, rawan sendi mengalami kemunduran dan degenerasi disertai dengan pertumbuhan tulang baru pada bagian tepi sendi.

Proses degenerasi ini disebabkan oleh proses pemecahan kondrosit yang merupakan unsur penting rawan sendi. Pemecahan tersebut diduga diawali oleh stress biomekanik tertentu. Pengeluaran enzim lisosom menyebabkan dipecahnya polisakarida protein yang membentuk matriks di sekeliling kondrosit sehingga mengakibatkan kerusakan tulang rawan.Sendi yang paling sering terkena adalah sendi yang harus menanggung berat badan, seperti panggul lutut dan kolumna vertebralis.Sendi interfalanga distal dan proksimasi.

Osteoartritis pada beberapa kejadian akan mengakibatkan terbatasnya gerakan. Hal ini disebabkan oleh adanya rasa nyeri yang dialami atau diakibatkan penyempitan ruang sendi atau kurang digunakannya sendi tersebut.

Perubahan-perubahan degeneratif yang mengakibatkan karena peristiwa-peristiwa tertentu misalnya cedera sendi infeksi sendi deformitas congenital dan penyakit peradangan sendi lainnya akan menyebabkan trauma pada kartilago yang bersifat intrinsik dan ekstrinsik sehingga menyebabkan fraktur ada ligamen atau adanya perubahan metabolisme sendi yang pada akhirnya mengakibatkan tulang rawan mengalami erosi dan kehancuran, tulang menjadi tebal dan terjadi penyempitan rongga sendi yang menyebabkan nyeri, kaki kripitasi, deformitas, adanya hipertropi atau nodulus. ( Soeparman ,1995). 

Sekengkapnya mengenai isi dan susunan Contoh Makalah Osteoarthritis inim silahkan lihat pada file preview dan download berkas contoh makalah pada link di bawah ini.

Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word ]

Contoh Makalah Osteoarthritis (ASKEP - Asuhan Keperawatan).docx



Demikian share file Contoh Makalah Osteoarthritis, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Makalah Osteoarthritis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel