Contoh Makalah Perkembangan Islam pada Dinasti Abbasiyah

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Perkembangan Islam pada Dinasti Abbasiyah

Contoh Makalah Perkembangan Islam pada Dinasti Abbasiyah
Contoh Makalah Perkembangan Islam pada Dinasti Abbasiyah


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Perkembangan Islam pada Dinasti Abbasiyah. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word. Dalam contoh makalah ini dibahas mengenai Proses Terbentuknya Dinasti Abbasiyah, Tokoh Masa  Dinasti Abbasiyah, Gerakan Perjalanan Dinasti Abbasiyah, Kemajuan dan Kemunduran Daulah Abbasiyah dan lain-lain.

Berikut ini kutipan teks isi dari Contoh Makalah Perkembangan Islam pada Dinasti Abbasiyah.

Latar Belakang
Pada masa permulaan peradaban yang benar-benar membawa perubahan yang sangat besar, yang membawakan pula obor kesejahteraan dan kemanusiaan, Muhammad SAW. Ia merupakan nabi penutup daripada nabi dan rosul, serta sebagai rahmatanlil alamin bagi umat manusia dengan Islam sebagai ajaran agama yang baru. Sehingga Ia pula patut sebagai guru utama bagi pembaruan. Setelah nabi wafat ajaran tersebut disebarluaskan oleh para sahabat, tabiin dengan memegang panji Islam yang kokoh. Sehingga pasca nabi, ajaran Islampun juga disebarluaskan diseluruh penjuru dunia.

Dalam penyebaran syari’at islam pasca Rosulullah Muhammad SAW, terdapat beberapa babakan, yakni mulai langsung dari Khulafaur Rasyidin, yang dijalan kan oleh para sahabat dekat nabi (11-41 H) yakni dari Abu Bakar as-Shidiq, Umar bin Khatab, Ustman bin Affwan, Ali bin Abi Thalib. Serta babakan Islam pada masa klasik (keemasan) yang terdapat dua penguasa besar pada saat itu, yaitu pada masa Dinasti Umawiyah dan Dinasti Abbasiyah. Pada bahasan ini, kita akan membahas lebih luas tentang Dinasti Abbasiyah yang diusungkan dari kerabat Rasulullah, yakni keluarga Abbas.

Rumusan Masalah
  1. Bagaimana proses terbentuknya Dinasti Abbasiyah?
  2. Siapa saja Tokoh pada masa Dinasti Abbasiyah yang mempunyai peran penting dalam menggulingkan Dinasti Ummayah?
  3. Bagaimana gerakan perjalanan Dinasti Abbasiyah?
  4. Kemajuan dan kemunduran Daulah Abbasiyah? 

Pembahasan
Proses Terbentuknya Dinasti Abbasiyah
Dinasti ini pun berasal dari nama keluarga Bani Hasyim, yakni seleluhur dengan nabi Muhammad SAW. Yang diambil dari nama paman beliau al Abbas, yang secara resmi diplokamirkan oleh Abd Allah Al Shaffah ibn Muhammad ibn Ali ibn Abd Allah ibn Abbas. Keturunan paman nabi Muhammad inilah yang disebut dengan bani Abbas. Yang mana keturunan al Abbas ini mengklaim dirinya lebih baik menggantikan posisi nabi ketika beliau wafat, dari pada Ali bin abi Thalib, yang mana mereka menganggap paman nabi inilah yang lebih berhak, ketimbang keponakan nabi. Pada awal mula pemikiran ini belum muncul ketika nabi meninggal, tetapi mengemuka ketika cucu Ali bin abi Thalib, yang kekaligus pemimpin syiah al Khaisaniyah, atau kelompok terbesar keturunan Ali yang melakukan perlawanan kepada Ummawiyah. Dari Dinasti Abbasiyah ini tidak begitu terpengaruh dari peradaban Arab, seperti halnya pad masa Dinasti Ummawiyah dikarenakan perpindahan ibukota dari Damaskus ke Bagdad.

Tokoh Pada Masa Dinasti Abbasiyah
Pada zaman Abbasiyah konsep kekhalifahan (pemerintahan) berkembang sebagai sistem politik. Pola pemerintahan yang diterapkan berbeda-beda sesuai dengan perubahan politik, sosial, ekonomi dan budaya. Sistem politik yang dijalankan oleh Daulah Bani Abbasiyah antara lain :
  1. Para Khalifah tetap dari Arab, sementara para menteri gubernur, panglima perang dan pegawai lainnya banyak dipilih dari keturunan Persia dan Mawali.
  2. Kota Bagdad ditetapkan sebagai ibukota negara dan menjadi pusat kegiatan politik, ekonomi dan kebudayaan.
  3. Kebebasan berfikir dan berpendapat mendapat porsi yang tinggi. 
  4. Ilmu pengetahuan dianggap sebagai sesuatu yang sangat penting dan mulia.
  5. Para menteri turunan Persia diberi kekuasaan penuh untuk menjalankan tugasnya dalam pemerintah.

Selengkapnya mengenai isi dan susunan Contoh Makalah Perkembangan Islam pada Dinasti Abbasiyah ini, silahkan lihat pada file preview dan download contoh makalah pada link di bawah ini,

Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word ]

Contoh Makalah Perkembangan Islam pada Dinasti Abbasiyah.docx

Demikian share file Contoh Makalah Perkembangan Islam pada Dinasti Abbasiyah, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Makalah Perkembangan Islam pada Dinasti Abbasiyah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel