Contoh Makalah Proposal Bisnis atau Rencana Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang Makanan

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Proposal Bisnis atau Rencana Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang Makanan

Contoh Makalah Proposal Bisnis atau Rencana Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang Makanan
Contoh Makalah Proposal Bisnis atau Rencana Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang Makanan


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Proposal Bisnis atau Rencana Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang Makanan. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word dan PDF. Berikut ini kutipan teks dari isi Contoh Makalah Proposal Bisnis atau Rencana Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang Makanan.

Latar Belakang
Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang paling diminati dan memiliki prospek yang baik. Hal ini disebabkan peluang bisnis pada sektor makanan sangat menggiurkan. Dapat dikatakan peluang bisnis pada sektor makanan sangat terbuka lebar karena semua manusia pasti membutuhkan makanan. Pada era buyers market saat ini, pengusaha dituntut untuk melakukan diferensiasi dalam bidang usaha yang digelutinya sehingga dapat membedakan tawaran pengusaha dengan pesaingnya. Selain itu, pengusaha juga harus meningkatkan pelayanan serta melakukan inovasi-inovasi. Pengusaha dituntut untuk selalu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Apalagi, pelaku usaha pada sektor makanan juga sangat banyak. Salah satu makanan kegemaran masyarakat Indonesia, yaitu siomay yang pada umumnya berbahan dasar ikan dengan tambahan pare kukus, tahu, kentang dan kol dan disantap bersama saus kacang ini merupakan salah satu makanan yang digemari setiap harinya oleh masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, dengan adanya peluang yang sangat menjanjikan ini maka kami membuka usaha “Rainbow Siomay” yang tentunya kami melakukan diferensiasi dalam bidang usaha kami ini agar para konsumen lebih tertarik untuk membeli produk kami. Rainbow Siomay yang merupakan suatu produk siomay yang unik dari kebanyakan produk siomay lainnya, karena memiliki tampilan yang unik dan menarik dengan adanya berbagai varian warna yang terdapat pada siomay tersebut, yaitu warna merah, orange, hijau dan ungu. Penggemar jajanan di Indonesia terbilang cukup banyak. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Pembuatan “Rainbow Siomay” yang bersifat kreatif dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis, serta akan dijual dengan harga yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membelinya.

Tujuan dan Manfaat Penyusunan Proposal
Adapun tujuan dan manfaat untuk menyusun proposal bisnis ini adalah sebagai berikut:
  1. Untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah Kewirausahaan.
  2. Menjadikan mahasiswa lebih kreatif dan inofatif tentang berwirausaha.
  3. Melatih mahasiswa agar dapat berwirausaha dengan baik.
  4. Untuk menambah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha.
  5. Agar dapat belajar sendiri dan mangisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat.
  6. Untuk selalu berpikir aktif, kreatif dan inovatif serta mengasah kemampuan mahasiswa dalam berbisnis sehingga memunculkan banyak ide-ide baru yang dapat menjadi peluang usaha yang menguntungkan.
  7. Untuk membantu berfikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang dijalankan.

Konsep Usaha
Rainbow Siomay yang merupakan suatu produk siomay yang unik dari kebanyakan produk siomay lainnya, karena memiliki tampilan yang unik dan menarik dengan adanya berbagai varian warna yang terdapat pada siomay tersebut, yaitu warna merah, orange, hijau dan ungu. Warna siomay tersebut bukan berasal dari pewarna melainkan dari ekstrak buah, sayur dan umbi. Dengan warna siomay yang cantik , dihidangkan bersama kol, tahu dan pare kukus dengan siraman bumbu kacang yang lezat, membuat rainbow siomay menjadi daya tarik bagi konsumen untuk membelinya.

Outlet Rainbow Siomay juga terdapat di lokasi yang strategis yang dapat dijangkau oleh kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Suasana yang diciptakan outlet Rainbow Siomay pun juga bersih dan nyaman, sehingga para konsumen dapat menyantap langsung produk Rainbow siomay di outlet dan dapat juga langsung dibawa pulang. Selain siomay dalam tampilan yang unik dan menarik harga Rainbow Siomay pun terjangkau dan dapat disantap dari usia anak-anak hingga dewasa. Rainbow Siomay bisa didapatkan juga oleh pelanggan di luar kota Jakarta, karena terdapat layanan sistem pemesanan online sehingga konsumen dari berbagai kota dapat memesan produk ini dengan tambahan biaya pengiriman.

Aspek Pasar

Gambaran Umum Pasar dan Sasaran
Usaha penjualan “Rainbow Siomay” ini merupakan usaha kecil yang dijalankan dari awal dengan membuka satu outlet yang berlokasi di rumah pemilik. Jika usaha ini berhasil atau sukses dan dapat mencapai tujuan yang diharapkan, maka pemilik akan memperbesar usaha ini dengan membuka cabang-cabang.

Jenis Produk yang Dipasarkan
Produk yang kami pasarkan merupakan berbagai siomay yang mempunyai tampilan yang unik yaitu warna-warni dan juga memiliki kandungan yang bergizi.

Target Pasar
Produk “Rainbow Siomay” ini bisa dinikmati oleh berbagai kalangan mulai dari anak sekolah, mahasiswa, pegawai kantoran, ibu rumah tangga, sampai dengan lansia sekalipun dapat menikmati produk ini karena menggunakan bahan-bahan yang alami dan berkualitas.

Pesaing
Untuk saat ini kami mempunyai beberapa pesaing. Seperti pedagang siomay keliling dan siomay yang dijual di outlet-outlet. Pengaruh pesaing terhadap penjualan Rainbow Siomay sedikit berpengaruh karena para pesaing sudah terlebih dahulu berjualan siomay dan juga tempat berjualannya yang cukup strategis sehingga banyak orang yang melakukan aktifitas disekitar ditempat tersebut dan sering membeli siomay mereka.

Sasaran Pembeli
Sasaran dari Rainbow Siomay ini adalah para penikmat siomay dari semua kalangan mulai dari anak sekolah, pegawai kantoran, mahasiswa, ibu rumah tangga, dan lain-lain. Terutama yang sangat tertarik dengan tampilan siomay yang unik dan kualitas siomay yang diproduksi dengan higienis dan terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas.

Diferensiasi
Strategi diferensiasi yang dilakukan Rainbow Siomay adalah diferensiasi produk yang mencakup pada tampilan yang menarik yaitu terdapat berbagai varian warna dan kandungan gizi yang dihasilkan dari warna siomay tersebut. 

STP (Segmentasi, Targetting, Positioning)

1. Segmentation

Demografis
Segmentasi ini dilakukan dengan membagi pasar ke dalam kelompok- kelompok berdasarkan variabel demografis seperti: Usia, jenis kelamin, besarnya keluarga, pendapatan, ras, pendidikan, pekerjaan.

1. Umur
Produk Rainbow Siomay ini dapat dikonsumsi oleh kaum anak-anak hingga dewasa

2. Jenis Kelamin
Produk Rainbow Siomay dapat dikonsumsi oleh semua jenis kelamin.

3. Pendapatan
Produk Rainbow Siomay ini dapat dibeli dengan pendapatan konsumen, dimana pendapatan konsumen golongan menengah keatas dan golongan menengah. Karena Produk Rainbow Siomay memiliki harga yang terjangkau untuk golongan menengah keatas dan golongan menengah.

4. Segmentasi Demografik Multivariasi
Produk Rainbow Siomay ini diarahkan pada segmentasi umur, jenis kelamin dan pendapatan sehingga produk dapat secara maksimal diterima oleh konsumen dan memberikan suatu kepuasan konsumen .

2. Targeting
Setelah memetakan pasar, tahap targeting adalah membidik kelompok konsumen mana yang akan kita sasar atau strategi target market. Setiap perusahaan pasti mempunya target penjualan produksinya, dalam hal ini target pemasaran Rainbow Siomay adalah anak – anak, remaja hingga dewasa. Hal ini disebabkan karena produk Rainbow Siomay memiliki tampilan yang unik dan menarik bagi anak – anak dan remaja dan juga rasa yang lezat dan bergizi juga akan menjadi hal yang menarik bagi konsumen dewasa.

3. Positioning

Pada posisi pasar Rainbow Siomay merupakan makanan yang bergizi tanpa adanya bahan kimia yang berbahaya. Kami juga berinovasi pada warna siomay yang mempunyai berbagai varian warna dan rasa yang lezat dan memiliki kandungan yang bergizi dan mampu memberikan kesan cantik, dan lezat agar konsumen lebih tertarik dan juga diimbangi oleh bahan dasar yang memberikan gizi baik.

Aspek Pemasaran

Promosi
Promosi yang akan kami lakukan dengan menyebarkan brosur tempat-tempat ramai dan menyebarkannya di sosial media seperti Blogger, Facebook, Twitter, BBM, dan lain-lain. Pada bulan-bulan pertama kami juga akan memberikan diskon maupun potongan harga kepada para konsumen, agar para konsumen tertarik terhadap produk kami dan dapat berkunjung kembali.

Langkah-langkah Promosi
Pada permulaan kami akan mencoba memberikan potongan harga pada konsumen dan terus mempertahankan citarasa yang kami punya tanpa mengubahnya ke yang lebih buruk.

Analisis SWOT

1. KEKUATAN (strength)
a. Rainbow Siomay memiliki tampilan yang unik dan menarik karena memiliki berbagai varian warna sehingga membuat konsumen ingin merasakan produk Rainbow Siomay.
b. Rainbow Siomay menyediakan beberapa varian warna siomay dengan inovasi warna yang berbeda ini akan menjadi ciri khas produk Rainbow Siomay.
c. Rainbow Siomay memiliki rasa yang lezat karena pemilihan bahan baku yang berkualitas.
d. Harga Rainbow Siomay sangat terjangkau bagi semua kalangan.
e. Lokasi outlet yang letaknya strategis sehingga mudah dijangkau oleh konsumen baik dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.
f. Terdapat layanan sistem pemesanan online sehingga konsumen dari berbagai kota dapat memesan produk ini dengan tambahan biaya pengiriman.

2. KELEMAHAN (weakness)
a. Produk hanya satu jenis
Produk yang ditawarkan hanya satu jenis dari kebanyakan siomay yang ada, jika selera konsumen terus berubah, bukan tidak mungkin produk ini akan di tinggalkan dan beralih ke produk lain yang lebih inovatif.
b. Masa expired singkat
Rainbow Siomay ini mempunyai masa expired yang relatif singkat yaitu sekitar 1 hari pada suhu kamar dan maksimum 1 minggu jika disimpan di lemari pendingin (kulkas).

3. PELUANG (opportunities)
a. Selera
Produk Rainbow Siomay membuat siomay yang rasanya lezat dan mempunyai berbagai varian warna, Inovasi warna ini juga dimaksudkan untuk membidik/menarik semua segmen pasar sehingga produk Rainbow Siomay menjadikan selera masyarakat sebagai peluang untuk mendapatkan lebih banyak profit. 
b. Persaingan
Melihat dari persaingan peluang bisnis ini akan sangat menjanjikan sekali, hal ini karena saingan untuk usaha ini bisa dikatakan belum banyak.

4. ANCAMAN (threats)
a. Keadaan Tempat
Karena kebanyakan produk Siomay berada di kota besar sehingga setiap tahunnya semakin banyak pendatang di kota-kota tersebut sehingga akan muncul tempat usaha siomay lain di sekitar lingkungan toko, hal ini membuat bisnis ini mempunyai prospek yang kurang baik.
b. Akan banyak pihak lain yang akan meniru usaha Rainbow Siomay ini, terutama keunikan dan produknya hal ini tentu akan membuat saingan yang baru bagi kita.
c. Adanya pedagang-pedagang asongan atau tradisional yang ada di masyarakat dan berkeliling menjajakan dagangan siomay mereka dengan harga yang lebih terjangkau.

Analisa 4P
1. Produk (Product)
Produk Rainbow Siomay merupakan makanan yang dapat mengenyangkan pelanggan. Disamping itu makanan ini tidak menggunakan bahan pengawet dan aman dikonsumsi. Untuk menarik minat pelanggan, produk makanan Rainbow Siomay dikemas dan disajikan menarik, praktis, dan siap dimakan.

2. Harga Jual (Price)
Harga jual produk Rainbow Siomay disesuaikan dengan harga para pesaing yakni seharga Rp. 10.000,00 untuk setiap porsi. Satu porsi yang berisi 6 pcs siomay warna – warni dan satu tahu putih dan satu tahu kulit. Dengan tampilan menarik serta rasa yang lezat dan bergizi, Rainbow Siomay ini dapat menarik minat para konsumen dan juga kaya akan protein serta sebagai makanan penunda lapar. Tetapi, jika pelanggan tidak tertarik untuk membeli harga paket yang kita sediakan, maka pelanggan dapat membeli harga satuan yaitu seharga Rp. 2.000,00 per pcs nya.

3. Promosi (Promotion)
Promosi Rainbow Siomay dilakukan dengan memberikan discount untuk pembelian dalam satu bulan pertama. Promosi yang akan kami lakukan dengan menyebarkan brosur tempat-tempat ramai dan menyebarkannya di sosial media seperti Blogger, Facebook, Twitter, BBM, dan lain-lain. Pada bulan-bulan pertama kami juga akan memberikan diskon maupun potongan harga kepada para konsumen, agar para konsumen tertarik terhadap produk kami dan dapat berkunjung kembali.

4. Sistem Pemasaran dan Distribusi (Place)
Tempat yang kami gunakan dalam usaha ini adalah tempat tinggal pemilik yang berlokasi strategis di pinggir jalan raya dan dapat diakses oleh kendaraan pribadi maupun umum.

Kesimpulan
Usaha Rainbow Siomay ini termasuk usaha yang cukup menjanjikan karena memiliki peluang memperoleh keuntungan yang tinggi karena menjadi sasaran penjualan yang belum banyak menjual Siomay dengan warna yang menarik. Diharapkan bisnis ini bisa bersaing dengan makanan lain dan menjadi suatu trend di masyarakat, selain terjangkau harga produknya serta menjadi makanan yang sehat bagi masyarakat.

Saran
Dari proposal bisnis ini diharapkan usaha ini dapat berjalan lancar, sesuai yang diharapkan dan banyak diminati konsumen. Saran dari saya yaitu dalam berbisnis apapun kita harus mempunyai kreatifitas yang tinggi, sehingga para konsumen tidak bosan atau jenuh untuk memakan atau memakai produk yang kita buat. Dalam berbisnis pembuatan siomay ini kita harus mempunyai konsep untuk menarik para konsumen, sehingga banyak konsumen yang mau membeli produk kita, kita juga harus memperhatikan minat masyarakat untuk pengembangan produk kita, dan juga kita harus mengingat bahwa pembeli adalah raja sehingga kita harus ramah pada setiap konsumen atau pembeli.

Selengkapnya silahkan lihat file preview dan download Contoh Makalah Proposal Bisnis atau Rencana Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang Makanan pada link di bawah ini.

Preview Contoh Makalah:

Contoh Makalah Proposal Bisnis atau Rencana Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang Makanan


Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word dan PDF]

Contoh Makalah Proposal Bisnis atau Rencana Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang Makanan.docx 
Contoh Makalah Proposal Bisnis atau Rencana Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang Makanan.pdf

Demikian share file Contoh Makalah Proposal Bisnis atau Rencana Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang Makanan semoga bisa membantu dan bermanfaat.


Jika posting ini bermanfaat silahkan rekomendasikan ke teman anda atau share melalui sosial media melalui tombol di bawah ini.

0 Response to "Contoh Makalah Proposal Bisnis atau Rencana Bisnis (Bussiness Plan) Kewirausahaan Bidang Makanan"

Post a Comment