Contoh Makalah Sistem Informasi Manajemen PT. POS Indonesia (Persero)

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Sistem Informasi Manajemen PT. POS Indonesia (Persero)

Contoh Makalah Sistem Informasi Manajemen PT. POS Indonesia (Persero)
Contoh Makalah Sistem Informasi Manajemen PT. POS Indonesia (Persero)


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Sistem Informasi Manajemen PT. POS Indonesia (Persero). Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word dan PDF. Berikut ini kutipan teks dari isi Contoh Makalah Sistem Informasi Manajemen PT. POS Indonesia (Persero).

Latar Belakang
Mempersoalkan Sistem sebenarnya bukan menjadi hal yang baru. Memang di dunia ini tidak ada yang sama. Kalau ada sesuatu yang baru, sebenarnya ia sudah lama ada. Seperti halnya Sistem Informasi. Sistem Informasi adalah sistem buatan manusia yang berisi himpunan terintegrasi dari komponen-komponen terkomputerarisasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data, memproses data, dan menghasilkan informasi untuk pemakai (Lani Sidharta 1995:11). Sistem Informasi juga dapat digunakan diberbagai bidang, seperti halnya Kantor POS.

Kantor POS adalah salah satu perusahaan yang menerapkan Sistem Informasi dalam berbagai Bagian, seperti Pelayanan dan Pengiriman Barang. Sebelumnya Kantor POS menerapkan pengerjaan dalam berbagai bagian secara manual. tetapi semakin berkembangnya Teknologi akhirnya Kantor POS menerapkan Sistem Informasi secara komputerarisasi agar dalam pengerjaan setiap bagian-bagian menjadi lebih mudah.

Rumusan Masalah
Seperti dengan Latar Belakang masalah di atas, Penulis merumuskan rumusan masalah sebagai berikut:
  1. Apa yang dimaksud dengan Sistem Informasi Manajemen ?
  2. Apa saja kelebihan memakai Sistem Informasi Manajemen ?
  3. Apakah Sistem Informasi Manajemen dapat di terapkan pada perusahaan ? 

Maksud dan Tujuan
Maksud dan Tujuan Penulis Makalah ini sebagai berikut:
  1. Untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai Sistem Informasi
  2. Mengetahui keunggulan memakai Sistem Informasi

Sistem Informasi Manajemen
Sistem Informasi Manajemen bukan merupakan hal baru. Yang baru adalah Komputerarisasinya. Sebelum ada Komputer, teknik Sistem Informasi Manajemen telah ada untuk memberi Manajer Informasi yang memungkinkan mereka merencanakan serta mengendalikan Operasi. Jadi, Sistem Informasi Manajemen adalah sebuah Sistem Informasi yang memberikan Informasi yang dibutuhkan oleh seorang Manajer dalam membuat keputusan (Joel D.Aron). tapi secara umumnya Sistem Informasi Manajemen adalah Sistem Perencanaan yang merupakan bagian dari pengendalian internal sebuah bisnis yang meliputi pemanfaatan Manusia, Teknologi, Dokumen, dan prosedur oleh Akuntansi Manajemen untuk mengatasi masalah bisnis seperti Biaya, Merancang Strategi Bisnis, atau Pemasalahan Layanan.

Pengertian Perusahaan
Perusahaan adalah sebuah unit kegiatan produksi yang mengolah sumber daya ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat (Murti Sumarni 1997). Secara umumnya Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan Produksi dan Berkumpulnya semua Faktor Produksi.

Pengertian Pelayanan
Pelayanan adalah meyediakan segala apa yang diperlukan oleh orang lain seperti tamu atau pembeli. Tetapi Menurut Kotler Pelayanan adalah Aktivitas atau hasil yang dapat ditawarkan oleh sebuah lembaga kepada pihak lain yang dapat dimiliki oleh pihak lain. Contoh suatu Perusahaan yang Menggunakan Pelayanan secara Sistem Informasi Berbasis Komputerarisasi adalah PT.POS Indonesia (Persero). Suatu pelayanan yang ada di PT.POS Indonesia adalah pelayanan pengiriman barang, Surat, Pembayaran Listrik,dan lain-lain. Pelayanan yang dilakukan oleh PT.POS Indonesia secara komputerarisasi, karena sudah menerapkan ilmu Sistem Informasi Manajemen. 

Sejarah Perusahaan
Sejarah mencatat keberadaan PT. POS Indonesia (Persero) begitu panjang, Kantor POS pertama didirikan di Batavia (sekarang Jakarta) oleh Gubernur Jenderal G.W Baron van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746 dengan tujuan untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa dan bagi mereka yang datang dari dan pergi ke Negeri Belanda. Sejak itulah pelayanan pos telah lahir mengemban peran dan fungsi pelayanan kepada publik.Setelah Kantor POS Batavia didirikan, maka empat tahun kemudian didirikan Kantor POS Semarang untuk mengadakan perhubungan pos yang teratur antara kedua tempat itu dan untuk mempercepat pengirimannya. Rute perjalanan POS kala itu ialah melalui Karawang, Cirebon dan Pekalongan.

PT. POS Indonesia (Persero) telah beberapa kali mengalami perubahan status mulai dari Jawatan PTT (Post, Telegraph dan Telephone). Badan usaha yang dipimpin oleh seorang Kepala Jawatan ini operasinya tidak bersifat komersial dan fungsinya lebih diarahkan untuk mengadakan pelayanan publik. Perkembangan terus terjadi hingga statusnya menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Mengamati perkembangan zaman dimana sektor pos dan telekomunikasi berkembang sangat pesat, maka pada tahun 1965 berganti menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro), dan pada tahun 1978 berubah menjadi Perum Pos dan Giro yang sejak ini ditegaskan sebagai badan usaha tunggal dalam menyelenggarakan dinas pos dan giropos baik untuk hubungan dalam maupun luar negeri. Selama 17 tahun berstatus Perum, maka pada Juni 1995 berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Pos Indonesia (Persero).

Dengan berjalannya waktu, Pos Indonesia kini telah mampu menunjukkan kreatifitasnya dalam pengembangan bidang perposan Indonesia dengan memanfaatkan insfrastruktur jejaring yang dimilikinya yang mencapai sekitar 24 ribu titik layanan yang menjangkau 100 persen kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia. Seiring dengan perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi, jejaring POS Indonesia sudah memiliki lebih dari 3.800 Kantor POS online, serta dilengkapi electronic mobile pos di beberapa kota besar. Semua titik merupakan rantai yang terhubung satu sama lain secara solid dan terintegrasi. Sistem Kode POS diciptakan untuk mempermudah processing kiriman pos dimana tiap jengkal daerah di Indonesia mampu diidentifikasi dengan akurat.

VISI PT.POS Indonesia (Persero)
  1. Menjadi raksasa logistik pos dari Timur
  2. Kita Peduli Padamu

MISI PT. POS Indonesia (Persero)
  1. Menjadi asset yang berguna bagi bangsa dan Negara
  2. Menjadi tempat berkarya yang menyenangkan
  3. Menjadi pilihan terbaik bagi para pelanggan
  4. Senantiasa berjuang untuk memberi yang lebih baik bagi bangsa, negara, pelanggan, karyawan, masyarakat serta pemegang saham. 

Prosedur Sistem Berjalan
Sistem Berjalan Pelayanan pengiriman surat Kantor POS INDONESIA adalah sebagai berikut :
  1. Pelanggan datang ke Kantor POS INDONESIA dan temui Pelayan
  2. Pelanggan menulis alamat tujuan Surat.
  3. Pelayan meminta pelanggan menunggu di ruang tunggu untuk proses menginput alamat tujuan surat.
  4. Pelayan memanggil pelanggan bahwa penginputan surat telah berhasil dan tinggal di antarkan ke alamat tujuan.
  5. Pelanggan membayar uang materai dan biaya pengiriman.
  6. Pelayan memberi bukti kwitansi

Tool Box (Peralatan yang digunakan) Pelayanan Pengiriman Barang PT.POS INDONESIA adalah sebagai berikut :
  1. Perangkat Input : Keyboard, Mouse, formulir pengiriman
  2. Perangkat Output : Monitor, Printer, kwitansi
  3. Perangkat Hardware : Harddisk, Motherboard, VGA, RAM
  4. Software (tidak diberitahu karena alasan Privasi)

Permasalahan

Permasalahan yang masih dialami oleh PT POS INDONESIA dalam Pelayanan adalah Petugas Loketnya yang kurang bersosialisasi dengan pelanggan, jadi petugas loket tidak tahu keinginan pelanggan yang selalu datang ke PT POS INDONESIA. 

Kesimpulan
Sistem Informasi Manajemen adalah sebuah Sistem Informasi yang memberikan Informasi yang dibutuhkan oleh seorang Manajer dalam membuat keputusan. Sistem Informasi Manajemen sangat dibutuhkan disebuah perusahaan, baik perusahaan kecil, menengah, maupun yang sudah besar, baik Sistem Informasi Manajemen manual maupun yang sudah terkomputersasi. Sistem Informasi Manajemen akan membantu dalam hal manajerial maupun pelayanan dalam sebuah perusahaan, dalam hal ini pada Sistem Informasi Manajemen PT. POS Indonesia (Persero) yang menjadi topik pada pembahasan makalah ini.

PT. POS Indonesia (PERSERO) adalah satu perusahaan BUMN di Idonesia yang bergerak dalam bidang jasa. PT. POS Indonesia (Persero) berdiri pada tanggal 26 Agustus 1764 oleh Gubernur Jenderal G. W. Baro van Inhoff yang mendirikan kantor pos pertama di Batavia (Jakarta), dengan tujuan untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa dan bagi mereka yang datang dari dan pergi ke Negeri Belanda.

Saran
  1. Kantor Pusat PT. POS Indonesia (Persero) dapat menimbang hal apa saja yang kurang dari kinerja perusahaan dan dapat memperbaiki kearah yang lebih baik.
  2. Meningkatkan pelayanan pelanggan dengan baik dan ramah terhadap pelanggan.

Selengkapnya silahkan lihat file preview dan download Contoh Makalah Sistem Informasi Manajemen PT. POS Indonesia (Persero) pada link di bawah ini.

Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word dan PDF]

Contoh Makalah Sistem Informasi Manajemen PT. POS Indonesia (Persero).docx 
Contoh Makalah Sistem Informasi Manajemen PT. POS Indonesia (Persero).pdf

Demikian share file Contoh Makalah Sistem Informasi Manajemen PT. POS Indonesia (Persero) semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Makalah Sistem Informasi Manajemen PT. POS Indonesia (Persero)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel