Contoh Makalah Statistika Deskriptif - Distibusi Frekuensi Dan Jenis Grafik

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Statistika Deskriptif - Distibusi Frekuensi Dan Jenis Grafik

Contoh Makalah Statistika Deskriptif - Distibusi Frekuensi Dan Jenis Grafik
Contoh Makalah Statistika Deskriptif - Distibusi Frekuensi Dan Jenis Grafik


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Statistika Deskriptif - Distibusi Frekuensi Dan Jenis Grafik. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word dan PDF. Berikut ini kutipan teks dari isi Contoh Makalah Statistika Deskriptif - Distibusi Frekuensi Dan Jenis Grafik.

Latar Belakang
Tidak dapat disangkal bahwa dalam melaksanakan tugasnya seorang pendidik akan senantiasa terlibat dalam masalah penilaian atau evaluasi. Hasil penilaian itu biasanya dinyatakan dalam berbagai macam cara, namun cara yang paling umum digunakan adalah dengan menyatakannya dalam bentuk angka (bilangan).

Karena penilaian hasil pendidikan yang paling umum itu menggunakan data kuantitatif, maka tidak diragukan lagi statistik memiliki fungsi yang sangat penting. Cara penyajian data statistik pun bermacam- macam, baik melalui tabel, ataupun grafik, sehingga muncul istilah “Distribusi Frekuensi”. Karena banyaknya kalangan yang belum memahami dengan benar apa itu distribusi frekuensi, serta tabel dan grafik distribusi frekuensi, maka kehadiran makalah ini semoga bisa membantu kita untuk memahami.

Identifikasi Masalah
  1. Apa itu Distribusi Frekuensi?
  2. Apa pengertin dari Distribusi Frekensi?
  3. Apa saja elemen dalam distribusi frekuensi?
  4. Tabel atau grafik apa saja yang terdapat di distribusi frekuensi?

Tujuan dan Manfaat
  1. Memberikan informasi tentang distribusi frekuensi.
  2. Memberikan informasi tentang pengertian distribusi frekuensi.
  3. Memberikan penjelasan tentang elemen-elemen yang terdapat di distribusi frekuensi.
  4. Memberikan penjelasan tentang tabel atau grafik yang terdapat di distribusi frekuensi. 

Batasan Masalah
Pada pembahasan dalam makalah ini, penulis yaitu membatasi masalah hanya pada pengukuran Distribusi Frekuensi hasil rekap Nilai Mata Pelajaran Matematika siswa di SDN Cikawung, yang terletak di Desa Tamanjaya Kec. Gununghalu Kab. Bandung Barat. 

Pengantar
Setiap kali kita melakukan kegiatan pengumpulan data statistik, maka pada umumnya kegiatan tesebut akan menghasilkan kumpulan data angka yang kadaannya tidak teratur, berserakan dan masih, meupakan bahan keterangan yang sifatnya kasara dan mentah. Dikatakan “ kasar” dan “ mentah” sebab kumpulan angka dengan kondisi seperti yang disebutkan di atas belum dapat memberikan informasi secara ringkas dan jelas mengenai ciri atau sifat yang dimiliki oleh kumpulan angka tesebut. Oleh kerena itu, agar data angka yang telah berhasil dihimpun itu “dapat berbicara” dan dapat memberikan informasi yang berarti, diperlukan adanya tidak lanjut atau langkah tertentu.

Tidak terlepas hubungannya dengan pernyataan di atas, maka salah satu tugas dari statistik sebagai ilmu pengetahuan adalah menyajikan atau mendeskripsikan data angka yang telah berhasil dihimpun itu secara teratur, ringkas, mudah dimengerti, hingga dengan secara jelas dapat memberikan gambaran yang tepat mengenai ciri atau sifat yang terkandung di dalam data angka tersebut. Dengan diketahui ciri atau sifat yang terkandung dalam kumpulan data angka itu berarti kumpulan data angkat tadi telah “ dapat berbicara “ dan karenanya kita berhasil memproleh informasi – informasi yang berguna, sejalan dengan maksud dan tujuan pengumpulan data.

Pengertian Distribusi Frekuensi
Distribusi Frekuensi adalah penyusunan data dalam bentuk kelompok mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar berdasarkan kelas- kelas interval dan kategori tertentu (Hasibuan,dkk.2009). Manfaat penyajian data dalam bentuk Distribusi Frekuensi adalah untuk menyederhanakan penyajian data sehingga menjadi lebih mudah untuk dibaca dan dipahami sebagai bahan informasi. Tabel Distribusi Frekuensi disusun bila jumlah data yang akan disajikan cukup banyak, sehingga apabila disajikan dengan menggunakan tabel biasa menjadi tidak efektif dan efisien serta kurang komunikatif.

Istilah-Istilah Distribusi Frekuensi
  1. Kelas (Class) adalah penggolongan data yang dibatasi dengan nilai terendah dan nilai tertinggi yang masing-masing dinamakan batas kelas.
  2. Batas Kelas (Class Limit) adalah nilai batas dari pada tiap kelas dalam sebuah distribusi, terbagi menjadi States class limit (Ujung kelas) dan Class Bounderies (Tepi kelas). a) Stated Class Limit adalah batas-batas kelas yang tertulis dalam distribusi frekuensi, terdiri dari Lower Class Limit (Batas bawah kelas) dan Upper Class Limit (Batas atas kelas. b) Class Bounderies (Tepi kelas) adalah batas kelas yang sebenarnya, terdiri dari Lower class boundary (batas bawah kelas yang sebenarnya) dan upper class boundary (batas atas kelas yang sebenarnya).
  3. Panjang Kelas/Lebar Kelas/Ukuran Kelas (Class Interval/Class Size) Bilangan- bilangan yang menunjukkan panjang / lebar / ukuran dari tiap-tiap kelas yang merupakan lebar dari sebuah kelas dan dihitung dari perbedaan antara kedua tepi kelasnya.
  4. Frekuensi (Frequency); Angka yang menunjukkan banyaknya data individual yang terdapat dalam satu kelas.
  5. ilai Tengah (Mid Point); Bilangan-bilangan yang dapat mewakili kelas-kelas tertentu yang diperoleh dengan jalan atau cara merata-ratakan batas kelas yang bersangkutan, dalam arti yaitu rata-rata hitung dari kedua batas kelasnya atau tepi kelasnya. 

Kesimpulan
Distribusi frekuensi mengandung pengertian suatu keadaan yang mengambarkan bagaimana frekuensi dari gejala atu variabel yang dilambangkan dengan angka itu, telah tersalur, terbagi atau terpencar atau dapat disebut sebagai pengelompokkan data ke dalam beberapa kategori yang menunjukkan banyaknya data dalam setiap kategori . Adapun alat penyajian data statistik bisa berupa tabel, yang disebut sebagai tabel distribusi frekuensi. Data yang sudah dikelompokkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dapat disajikan dalam bentuk grafik supaya menjadi lebih menarik dan informatif. Grafik pun memiliki berbagai macan jenis dalam penyajiannya.

Selengkapnya silahkan lihat file preview dan download Contoh Makalah Statistika Deskriptif - Distibusi Frekuensi Dan Jenis Grafik pada link di bawah ini.

Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word dan PDF]



Demikian share file Contoh Makalah Statistika Deskriptif - Distibusi Frekuensi Dan Jenis Grafik semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Makalah Statistika Deskriptif - Distibusi Frekuensi Dan Jenis Grafik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel