Contoh Makalah Sholat-Sholat Sunnah

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Sholat-Sholat Sunnah

Contoh Makalah Sholat-Sholat Sunnah
Contoh Makalah Sholat-Sholat Sunnah


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Sholat-Sholat Sunnah. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word dan PDF. Berikut ini kutipan teks dari isi Contoh Makalah Sholat-Sholat Sunnah.

Di antara rahmat Allah SWT kepada hambanya adalah bahwa Allah SWT mensyari'atkan bagi setiap kewajiban, sunnah yang sejenis; agar orang mukmin bertambah imannya dengan melakukan yang sunnah, dan menyempurnakan yang wajib pada hari kiamat, karena kewajiban-kewajiban mungkin ada yang kurang.

Anjuran untuk melaksanakan sholat sunnah, antara lain berdasarkan hadits dari Rabi’ah bin Malik.

Shalat ada yang wajib dan ada yang sunnah, puasa ada yang wajib dan ada yang sunnah, demikian pula haji, sedekah dan lainnya, dan seorang hamba senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dengan melakukan yang sunnah-sunnah sehingga Allah mencintainya. 

Sholat sunnah adalah semua sholat yang dianjurkan untuk dilaksanakan untuk selain sholat fardu. Allah SWT mensyari'atkan bagi setiap kewajiban, sunnah yang sejenis; agar orang mukmin bertambah imannya dengan melakukan yang sunnah, dan menyempurnakan yang wajib. Seorang hamba senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melakukan yang sunnah-sunnah sehingga Allah SWT mencintainya.

Adapun macam-macam sholat sunnah diantaranya ialah :
  1. Sholat Sunnah Hari Raya
  2. Sholat Sunnah Taraweh
  3. Sholat Sunnah Witir
  4. Sholat Sunnah Rawatib
  5. Sholat Sunnah Dhuha
  6. Sholat Sunnah Tahajud
  7. Sholat Sunnah Istikharah
  8. Sholat Sunnah Hajat
  9. Sholat Sunnah Tasbih, dan lain-lain.

Sholat Sunnah Hari Raya
Sholat hari raya itu ada dua macam ,yaitu: sholat sunnah idul fitri dan sholat sunnah idul adha. Sholat sunnah idul fitri dilaksanakan pada setiap tanggal 1 syawal, sedangkan sholat sunnah idul adha dilakukan pada tiap tanggal 10 dzulhijah,

Hukum melaksanakan sholat sunnah hari raya (idaian) tersebut adalah sunnah-sunnah muakkad. Semua orang dianjurkan untuk berkumpul dan shoalt pada hari raya baik orang yang tetap (muqim) dalam perjalanan laki-laki ataupun perempuan besar atau kecil. 

Sholat sunnah hari raya ( idul fitri dan idul adha) masing-masing hanya 2 raka’at, sebagaimana disebutkan dalam riwayat dari Umar R.A yang telah dikemukakan pada keterangan mengenai raka’at dan tempat pelaksanaan sholat sunnah tersebut dilakukan dengan berjamaah di masjid atau pula di tanah lapang. Sedangkan menurut Syafiah lebih utama dilakukan dimasjid. Sedangkan menurut imam Malik sholat hari raya lebih utama dikerjakan ditanah lapang jika tidak hujan.

Sholat Sunnah Tarawih
Sholat terawih disebut juga dengan sholat malam pada bulan romadhon. Hukum melaksanakanya sunnah muakad. Jumlah roka’at sholat sunnah tarawih pada bulan ramadhan yang pernah di lakukan Rasulullah SAW, tidak lebih dari 11 raka’at (termasuk sholat witir).

Masa kholifah Umar bin khatab pernah mengumpulkan orang banyak, kemudian melaksanakan sholat bersama-sama 23 roka’at. Diantara yang mengikuti sholat tersebut ada beberapa sahabat yang terkenal dan terkemuka dimasa itu. Mereka pun tidak ada yang membantah pelaksanaan sholat dengan bilangan roka’at tersebut. Dimasa Umar bin Abdul Azis sholat terwih dilaksanakan sebanyak 36 roka’at.

Sholat terawih 23 roka’at ini, juga dilaksanakan para Ulama Hanafiyah dan juga Hanafiyah. Adapun ketentuan bilangan roka’at dan bacaan tidak mendapat keterangan yang pasti dari syara’,hanya terserah pada keyakinan kita masing-masing.

Sholat Sunnah Witir
Sholat Sunnah witir adalah salah satu sholat yang di anjurkan untuk di laksanakan. Sholat witir juga di anjurkan di kerjakan setiap malam. Waktu untuk mengerjakannya yaitu antara setela h sholat isya’ sampai terbitnya fajar. Menurut sebagian Ulama jumlah raka'at sholat witir tidak dibatasi. 

Simpulan
Sholat sunnah merupakan anjuran yang dilakukan untuk selain sholat fardu, agar orang mukmin bertambah iman kepada Allah SWT,dengan melakukan yang sunnah, dan menyempurnakan yang wajib. Seorang hamba seharusnya mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melakukan yang sunnah-sunnah salah satunya sholat-sholat sunnah, sehingga Allah SWT mencintainya.


Selengkapnya silahkan lihat file preview dan download Contoh Makalah Sholat-Sholat Sunnah pada link di bawah ini.

Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word dan PDF]

Contoh Makalah Sholat-Sholat Sunnah.docx 
Contoh Makalah Sholat-Sholat Sunnah.pdf


Demikian share file Contoh Makalah Sholat-Sholat Sunnah semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Makalah Sholat-Sholat Sunnah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel