Contoh Makalah Bioteknologi

Judul Contoh Makalah: 

Contoh Makalah Bioteknologi

Contoh Makalah Bioteknologi
Contoh Makalah Bioteknologi


Keterangan Contoh Makalah:

Contoh Makalah Bioteknologi. Download File Format .doc atau .docx Microsoft Word dan PDF. Berikut ini kutipan teks dari isi Contoh Makalah Bioteknologi.

Latar Belakang
Membahas tentang IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) memang merupakan sesuatu yang mengasyikan sekaligus kadang-kadang juga tidak mengenakan. Itu karena bahasan IPA yang sangat luas menyangkut segala sesuatu yang ada di jagat raya ini baik yang sudah diketahui maupun yang baru dalam tahap prediksi- prediksi para ahli. Ketika membahas suatu yang baru ditemukan atau yang masih dalam taraf ”pengetahuan” saja, IPA bisa jadi tema perbincangan yang apik dan seru. Tetapi kalau sudah berbicara tentang sesuatu yang lebih mendetail dari pengetahuan tersebut, kadang-kadang berbincang-bincang tentang IPA menjadi hal yang membosankan terutama jika membahas rumus-rumus yang rumit.

Hal yang sangat berbeda ketika kami mencoba membahas tentang bioteknologi. Banyak hal yang menarik yang saya dapatkan dalam masalah ini. Salah satunya adalah berbagai temuan-temuan jenis pangan maupun non pangan yang dihasilkan dari proses-proses bioteknologi itu sendiri. Varian-varian yang dihasilkan tidak hanya memiliki kualitas yang lebih baik, tetapi juga membuat kuantitas menjadi meningkat. Itulah sebabnya kami sebagai penulis mencoba membahas mengenai apa itu bioteknologi dan bagaimana proses kerjanya serta apa hasi yang dihasilkan dari bioteknologi itu.

Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas dirumuskan masalah sebagai berikut :
  1. Apa yang dimaksud dengan bioteknologi?
  2. Bagaimana sejarah perkembangan bioteknologi?
  3. Bagaimana penerapan bioteknologi dalam kehidupan?
  4. Apa dampak negatif yang ditimbulkan dari proses bioteknologi pangan ini?

Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan dari makalah ini yaitu:
  1. Untuk mengetahui pengertian bioteknologi.
  2. Untuk menjelaskan bagaimana sejarah perkembangan bioteknologi.
  3. Untuk mengetahui apa saja manfaat dari Bioteknologi.
  4. Untuk mengetahui dampak negatif yang ditimbulkan dari proses bioteknologi pangan.

Pengertian Bioteknologi
Bioteknologi adalah suatu penerapan prinsip-prinsip biologi, biokimia, dan rekayasa dalam mengolah suatu bahan dengan memanfaatkan organisme hidup dan komponen-komponennya untuk menghasilkan barang dan jasa yang bermanfaat bagi manusia. Secara definitif dapat dikatakan bahwa bioteknologi adalah usaha pemanfaatan proses-proses biologi dalam tingkatan seluler atau molekuler baik dari hewan, tumbuhan, maupun mikroorganisme untuk memproduksi berbagai barang atau memanfaatkannya untuk jasa tertentu. Jadi, dalam proses bioteknologi sel-sel hidup digunakan untuk mengubah bahan mentah menjadi bahan yang berguna atau memanfaatkan jasanya untuk menangani masalah pencemaran lingkungan.

Sejarah Perkembangan Bioteknologi
Bioteknologi sudah dimulai ribuan tahun yang lalu, sebelum tahun 1865 orang-orang telah menggunakan ragi untuk membuat roti dan anggur melalui proses fermentasi. Setelah tahun 1865 orang telah melakukan pengembangan industri fermentasi yaitu pembuatan etanol, butano, asam cuka, asam laktat, dan asam organik lainnya, serta pengolahan air limbah dengan menggunakan mikroorganisme. Pada tahun 1885, seorang ahli Botani bernama Roux berhasil melakukan kultur jaringan sel (cell tissue culture). Berdasarkan percobaan Roux ini, para ahli mulai memanipulasi sel tumbuhan secara invitro. 

Pada tahun 1940-1960 telah dikembangkan pembuatan antibiotik penisilin, vaksin virus, dan teknologi kultur sel hewan. Pada tahun 1953 penentuan struktur DNA oleh Watson dan Crick, protein sel tunggal, enzim untuk menguraikan deterjen, metanol sebagai biogas, dan teknologi DNA rekombinan. Era bioteknologi moderen (1975 sampai saat ini), perkembangan rekayasa genetika yaitu pembuatan antibodi monoklonal, interferon, interleukin, pembuatan vaksin hepatitis B, hormon insulin, hormon pertumbuhan pada manusia, sapi, ikan tuna, kloning domba, terapan gen, tumbuhan dan hewan transgenik. Hormon insulin dipaparkan pada tahun 1978.

Sejak keberhasilan Borton dan kawannya memasukkan gen bakteri ke dalam tanaman tembakau, maka terbukalah kemungkinan perbaikan tanaman dengan DNA rekombinan. Hal ini didasari oleh kemampuan bakteri tanah Agrobacterium tumefaciens untuk memindahkan sebagian DNAnya ke bagian tanaman secara alami, sehingga terbukalah perbaikan tanaman dengan DNA rekombinan ini.

Selengkapnya silahkan lihat file preview dan download Contoh Makalah Bioteknologi pada link di bawah ini.

Download Contoh Makalah:

[ Format File .doc / .docx Microsoft Word dan PDF]

Contoh Makalah Bioteknologi.docx 
Contoh Makalah Bioteknologi.pdf

Demikian share file Contoh Makalah Bioteknologi semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Makalah Bioteknologi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel